Resensi Novel "Beasiswa di Bawah Telapak Kaki Ibu"


MRN Present
  1. Judul : Beasiswa di Bawah Telapak Kaki Ibu
  2. Pengarang : Irfan Amalee
  3. Penerbit : Mizania
  4. Tahun Terbit : 2013
  5. Cetakan : Pertama
  6. Tebal / Halaman : 440
  7. Cover : Sebuah telapak kaki dan gambar seorang laki laki

Beasiswa di Bawah Telapak Kaki Ibu, adalah novel berdasarkan pada pengalaman pribadi Irfan Amalee. Bermula dari keinginannya untuk sekolah S2 di luar negeri, dia mencoba setiap peluang. Tetapi keinginannya ini selalu tidak disetujui oleh orang tuanya. Tetapi walaupun tidak disetujui ia selalu meyakinkan orang tuanya. Dan pada saat ia mendaftar di IFP Ford Foundation, ia diminta untuk mengikuti test tahap pertama. Disaat bersamaan dia juga berhasil meyakinkan kedua orang tuanya untuk mengambil S2 di luar negeri. Akhirnya dia berhasil mendapatkan beasiswa di Amerika dengan bantuan dari Ford Foundation.

Buku ini bagus dibaca untuk pemuda pemuda yang ingin meneruskan S2 di luar negeri, Karena mengajarkan bahwa untuk mendapatkan beasiswa itu harus kerja keras dan sungguh sungguh. Selain itu buku ini juga menjelaskan perkembangan islam di daerah Amerika. Saling toleransi yang benar, dan buku ini juga menjelaskan bahwa islam bukanlah agama teroris tetapi islam adalah agama yang membawa kedamaian pada para penganutnya.

Buku ini memiliki design cover yang bagus, tetapi penulis membuat buku ini menjadi dua sisi sehingga membuat bingung pembacanya. Dibandingkan dengan buku yg sejenis seperti buku Rantau 1 Muara yang ditulis oleh Ahmad Fuadi  yang juga mengisahkan  tentang beasiswa ke luar negeri, buku ini lebih unggul dalam penjelasan tentang kehidupan mahasiswa Indonesia di Kanada. Sedangkan kalua buku Beasiswa di Bawah Telapak Kaki Ibu lebih menjelaskan ke bidang agama di Amerika Serikat.

Jadi buku ini sangat membantu untuk para pemuda atau pelajar yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, bagaimana susahnya mendapatkan beasiswa dan menjelaskan bahwa agama islam adalah agama damai bukan arogan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal UNBK Materi Teks Explanasi