Resensi Novel "Sebelas Patriot"


MRN Present
  1. Judul : Sebelas Patriot
  2. Pengarang : Andra Hirata
  3. Penerbit : PT Bentang Pustaka
  4. Tahun Terbit : 2011
  5. Cetakan           : Pertama
  6. Tebal/ Halaman : 108
  7. Cover : Sebelas orang yang ingin menangkap bola



Sebelas Patriot ditulis oleh Andrea Hirata, ia membuat debut internasionalnya dengan menulis “ Dry Season “ yang menjadi karya fiksi terbaik dan termasuk 7 karya terpilih diantara banyak karya dari seluruh dunia. Andra Hirata bersal dari keluarga sederhana.
Nama Andrea Hirata sebenarnya bukanlah nama pemberian dari kedua orang tuanya.

Sejak lahir ia diberi nama Aqil Barraq Badruddin. Merasa tak cocok dengan nama tersebut, Andrea pun menggantinya dengan Wadhud. Akan tetapi, ia masih merasa terbebani dengan nama itu. Alhasil, ia kembali mengganti namanya dengan Andrea Hirata Seman Said Harun sejak ia remaja.“Andrea diambil dari nama seorang wanita yang nekat bunuh diri bila penyanyi pujaannya, yakni Elvis Presley tidak membalas suratnya,” ungkap Andrea.
Sedangkan Hirata sendiri diambil dari nama kampung dan bukanlah nama orang Jepang seperti anggapan orang sebelumnya. Sejak remaja itulah, pria asli Belitong ini mulai menyandang nama Andrea Hirata. Andrea tumbuh seperti halnya anak-anak kampung lainnya. Dengan segala keterbatasan, Andrea tetap menjadi anak periang yang sesekali berubah menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian dan mimpi-mimpi di masa depannya.

Sabelas Patriot adalah kisah yang menggetarkandan sangat inspiratif tentang cinta seorang anak, pengorbanan seorang ayah, makna menjadi orang Indonesia, dan ketagihan menggapai mimpi-mimpi. Novel ini berbada dengan novel Andra Hirata yang lainya, karena novel ini lebih secara jelas menceritakan perjalan, karier sepak bola Andrea Hirata dan sejarah dari suatu foto yang ia temukan di album tua yang disembunyikan dari ayahnya. buku ini dilengkapi dengan gambar yang menerangkan tentang sejarah hidup Andrea Hirata.

Dia memulai kariernya dengan mengikuti seleksi pemain sepak bola dikampungnya, dan dia terpilih dalam pemain bola di kampungnya dan dia diajukan menjadi pemain kabupaten, meskipun banyak rintanagan dia terus mencoba dan dia dibela oleh pelatih Toharun dengan mengatakan bahwa “ Ikal ini mempunyai pantat seorang pesepak bola ” dan dia masuk dalam tingkat kabupaten, dan dia berhasil lolos seleksi sampai tingkat seleksi tim PSSI, tetapi dia tidak berhasil karena ada sorang pelatih melihat dan dia berkata
“ si Ikal ini tidak bisa jadi pemain sepak bola, karena dia keberatan pantat ”. dan masih banyak hal-hal yang menakjubkan dalam novel ini.

Novel ini sangat menginpirasi para pembacanya dengan kata-kata yang menusuk hati dan pengalaman yang sangat berkesan bagi kita semua, dan buku ini dilengkapi dengan CD yang berisi lagu-lagu dan diaransemen langsung oleh Andrea Hirata. Lagu-lagu tersebut berjudul “PSSI Aku datang”,”Sebelas Patriot”, dan “Sorak Indonesia”,  Tapi kata-kata nya kurang merinci. Novel ini dibuat untuk menciptakan rasa cinta pada Indonesia, rela mendukung PSSI tim olah raga kita untuk berjaya, dan mengajak seluruh rakyat Indonesia pecinta PSSI.

Cinta PSSI, Cinta Indonesia, Salam Patriot PSSI.


Resensator
MRN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal UNBK Materi Teks Explanasi