Biografi Nabi Ilyasa AS


Kisah Nabi Ilyasa AS
Nama                            : Ilyasa (Al-Yasa) bin Akhtub bin Ajuz
Usia                              : 90 tahun
Periode Sejarah           : 885 – 795 SM
Tempat Diutus             : Damaskus
Tempat Wafat              : Palestina
Sebutan Kaum             : Bangsa Arami dan Bani Israil
Namanya disebut 2 kali dalam Al-Qur’an (Al-An’am : 86 & Sad : 48)

          Nabi Ilyasa adalah anak angkat dari nabi Ilyas A.S. Setelah nabi Ilyas meninggal, ia menggantikan misi ayah angkatnya agar kaumnya kembali taat kepadanya. Selama kepemimpinannnya, kembali bani israil hidup rukun, damai, tenteram, makmur, dan bertakwa kepada Allah SWT.
          Ilyasa AS adalah nabi yang diturunkan kepada bani israil setelah nabi Ilyas AS. Dan dia diangkat menjadi anak angkat nabi Ilyas AS dikarenakan peristiwa saat nabi Ilyas AS bersembunyi dai rumah nabi Ilyasa AS yang diperkirakan rumahnya berada di seputar lembah sungai Jordan
          Ketika bersembunyi nabi Ilyasa AS masih sangat belia. Dan saat itu juga nabi Ilyasa AS sedang mengidap penyakit. Kemudian atas izin Allah lewat perantara nabi Ilyas beliau nabi Ilyasa AS disembuhkan dari penyakitnya.
Ketaatan nabi Ilyasa AS terlihat sejak kecil. Oleh karena itu nabi Ilyasa AS mendapat kepercayaan untuk menggantikan nabi Ilyas AS saat beliau menginggal dunia. Nabi Ilyasa AS meneruskan tongkat perjalanan dakwah  ke bani israil.
Beliau nabi Ilyasa AS sering mendapat cercaan hinaan dari kaumnya tetapi dia tetap bersabar dan keep dakwah until the end.

Kesimpulannya :
1.   Nabi Ilyasa AS adalah anak angkat dari nabi Ilyas AS. Keduanya diangkat oleh Allah Menjadi Nabi dan Rasul.
2.   Pada masa nabi ilyasa AS, bani israil hidup aman dan makmur, karea mereka taat kepada Allah.
3.   Setelah nabi Ilyasa AS wafat, umatnya kembali durhaka dan jauh kepada Allah.
4.   Tiap-tiap umat yang durhaka dimurkai dibumi ini, kemudian didatangkan siksaan oleh Allah kepada mereka  dan Allah mengganti mereka dengan umat lain yang lebih bertakwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal UNBK Materi Teks Explanasi