Struktur Penulisan Teks Bahasa Indonesia


Nama   : Muhammad Raihan
Kelas   : XII IPA 3

Struktur Teks

1. Observasi
Stuktur
Terdapat 2 struktur utama yang membantun teks laporan hasil observasi sehingga menjadi satu kesatuan, struktur teks nya yaitu:
1. Pernyataan umum (klasifikasi): merupakan pembuka atau pengantar mengenai hal yang dilaporkan. Di tahap ini akan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
2. Anggota/aspek yang dilaporkan: merupakan bahasan atau rincian tentang objek yang diamati.
Struktur lain dari teks laporan observasi:
1. Definisi Umum: merupakan pembukaan yang berisi pengertian mengenai sesuatu yang dibahas didam teks.
2. Bagian: merupakan bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
3. Definisi Manfaat: merupakan bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
4. Penutup: merupakan bagian rincian akhir dari teks.

2. Eksposisi
Struktur
1. Struktur yang pertama adalah tesis, tesis ini merupakan bagian paragraf yang mengandung sudut pandang penulis terhadap masalah yang dibahas.
2. Struktur yang kedua argumentasi, argumentasi ini adalah alasan yang digunakan sebagai pendukung sebuah pendapat yang ada di tesis.
3. Struktur yang ketiga adalah penegasan kembali pendapat dari sebuah tesis yang sudah dikemukakan di awal teks/paragraf. Tentunya penegasan kembali ini, tetap disertai fakta dan bukti-bukti yang mendukung.
3. Anekdot
Struktur
Orientasi
Struktur teks anekdot yang pertama adalah orientasi yakni bagian isi yang didalamnya berisi tentang latar belakang atau awal mula peristiwa tersebut terjadi/
1. Abstraksi
Abstraksi berada di awal paragraf anekdot. Isinya adalah gambaran awal mengenai isi teks yang akan diceritakan.
2. Krisis
Krisis adalah struktur teks anekdot yang berisi tentang inti masalah yang diceritakan dalam teks
3. Re-orientasi
Re-orientasi merupakan bagian akhir teks atau penutup teks
4. Event
Event dalam hal ini berisi tentang rangkaian peristiwa atau cerita yang terjadi
5. Koda
Koda adalah perubahan yang terjadi dan dialami oleh tokoh
5. Reaksi
Reaksi adalah langkah penyelesaian masalah terkait dengan inti masalah yang muncul pada bagian krisis.


4. Hikayat
Struktur
1. Abstraksi

Merupakan ringkasan ataupun inti dari cerita yang akan dikembangkan menjadi rangkaian-rangkaian peristiwa atau bisa juga gambaran awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional yang artinya sebuah teks hikayat boleh tidak memakai abstrak.

2. Orientasi

Adalah bagian teks yang berkaitan dengan waktu, suasana, maupun tempat yang berkaitan dengan hikayat tersebut.

3. Komplikasi

Berisi urutan kejadian-kejadian yang dihubungkan secara sebab dan akibat. Pada bagian ini kita bisa mendapatkan karakter ataupun watak dari tokoh cerita sebab kerumitan mulai bermunculan.

4. Evaluasi

    konflik yang terjadi yang mengarah pada klimaks mulai mendapatkan penyelesaiannya dari   konflik tersebut.

5. Resolusi

Pada bagian ini si pengarang mengungkapkan solusi terhadap permasalahan yang dialami tokoh atau pelaku.

6. Koda

Ini merupakan nilai ataupun pelajaran yang dapat diambil dari suatu teks cerita oleh pembacanya.
5. Negosiasi
1. Orientasi: Kalimat pembuka, biasanya ucapan salam. Fungsi nya untuk memulai negosiasi.
2. Permintaan: Suatu hal berupa barang atau jasa yang ingin dibeli oleh pembeli.
3. Pemenuhan: Kesanggupan hal berupa barang atau jasa dari penjual yang diminta oleh pembeli.
4. Penawaran: Puncaknya negosiasi yang terjadi, kedua pihak saling tawar menawar.
5. Persetujuan: Kesepakatan antara kedua belah pihak terhadap negosiasi yang telah dilakukan.
6. Pembelian: Keputusan konsumen jadi menyetujui negosiasi itu atau tidak.
7. Penutup: Kalimat penutup, biasanya ucapan salam atau terimakasih.
6. Debat
Struktur pertama Teks Debat, yaitu Pengenalan. Pada Pengenalan, moderator menyampaikan salam pembuka dan memperkenalkan tim.
Struktur kedua Teks Debat, yaitu Penyampaian Argumentasi. Penyampaian Argumen disampaikan oleh Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral.
Struktur ketiga Teks Debat, yaitu Debat. Pada struktur ini, Tim Afirmasi dan Tim Oposisi saling memberikan sanggahan, lalu ditengahi dengan Tim Netral.
Struktur keempat Teks Debat, yaitu Simpulan. Pada struktur ini, Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral menyampaikan simpulan terkait mosi, pendapat, dan sanggahan dari tim lain
Struktur kelima Teks Debat, yaitu Penutup. Pada struktur ini, moderator memberikan simpulan secara kesuluruhan tanpa berpihak, kemudian menutup kegiatan debat dengan salam.

7. Biografi
Orientasi
Pada teks bagian ini berisikan mengenai pengenalan tokoh atau gambaran awal tokoh yang akan menjadi topik.

Peristiwa dan masalah
Pada teks bagian ini berisikian mengenai peristiwa apa saja yang telah dialami tokoh, sebelum meraih sukses atau hal apa saja yang mengesankan dalam hidup dan hal apa saja yang menyedihkan dalam hidup yang pernah dirasakan oleh tokoh. Sehingga semua kisah hidupnya ada pada bagian ini.

Reorientasi
Pada teks bagian ini merupakan penutup, jadi apa kesan dan pesan penulis terhadap tokoh yang dijadikan topik.

8. Puisi

9.. Resensi
Identitas,  mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Bagian ini mungkin saja tidak dinyatakan secara langsung, seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu.
Orientasi, Bagian ini biasanya terletak di paragraf pertama, yakni penjelasan tentang kelebihan buku seperti penghargaan yang pernah didapatkan oleh buku yang diresensi.
Sinopsis, berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
Analisis, berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.
Evaluasi, berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.

1. Prosedur
Bagian tujuan
Pada bagian ini, menuliskan apa tujuan dari langkah-langkah yang akan dibuat atau hasil akhir yang akan diwujudkan pada teks prosedur tersebut.

Bagian material
Pada bagian ini dijelaskan apa saja alat dan bahan dalam proses membuat sesuatu yang diinginkan, atau apa-apa saja keperluan yang harus dipersiapkan sebelum memulai langkah-langkah yang telah dibuat.

Bagian langkah-langkah adalah pada bagian ini merupakan langkah-langkah atau urutan-urutan dalam melakukan sesuatu yang ingin dicapai, dan pada bagian ini langkah-langkah harus urt tidak boleh di acak.
2. Eksplanasi
Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga bagian, yakni:

Pernyataan umum yaitu suatu paragraf yang menjadi inti atau menjadi pembuka dalam suatu bacaan.
Urutan sebab dan akibat yaitu mengenai uraian tentang apa yang telah terjadi atau peristiwa yang telah terjadi
Interpretasi yaitu suatu paragraf yang berisikan mengenai kesimpulan apa yang terjadi, mengapa bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya.
3. Ceramah
1. Pendahuluan
Pembuka: bagian ini berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.
Pengantar: bagian ini adalah paragraf pengantar yang mengarah pada topik. Biasanya pengantar berasal dari informasi atau berita yang faktual yang masih terkait dengan topik ceramah.
2. Isi Ceramah
Inti: berisi paparan dari penceramah, pandangan umum, ilustrasi dari materi yang disampaikan.
Gagasan: berisi ide besar yang ingin disampaikan kepada pendengar. Ceramah yang baik berisi satu gagasan besar yang kemudian dikembangkan dalam subtopik.
3. Penutup
Simpulan
Ucapan permintaan maaf
Salam penutup

4. Cerpen
Di bawah ini akan dijelaskan struktur cerpen beserta penjelasannya meliputi abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda selengkapnya.

1. Abstrak

Abstrak termasuk struktur cerpen di awal cerita. Pengertian abstrak pada cerpen adlaah gambaran awal dari cerita yang akan diceritakan. Abstrak bersifat optional pada cerpen, artinya boleh ada namun boleh juga jika cerpen tidak memiliki abstrak.



2. Orientasi

Orientasi menjadi salah satu struktur teks cerpen yang selanjutnya. Pengertian orientasi pada cerpen berhubungan dengan waktu, suasana dan tempat di dalam cerita pendek tersebut, yang menjawab pertanyaan kapan, dimana serta bagaimana.

3. Komplikasi



Struktur teks cerpen berikutnya adalah komplikasi. Pengertian komplikasi pada cerpen adalah urutan kejadian yang dihubungkan secara sebab dan akibat. Karakter dan watak tokoh biasanya terlihat di struktur komplikasi ini yang menggambarkan plot cerita.

4. Evaluasi

Evaluasi menjadi jenis struktur cerpen yang selanjutnya. Pengertian evaluasi pada cerpen adalah konflik yang terjadi dan menuju pada klimaks. Dalam evaluasi, konflik sudah mulai mendapatkan solusi dan penyelesaian serta menuju ke tahap akhir.

5. Resolusi

Resolusi merupakan salah satu dari struktur teks cerpen. Pengertian resolusi pada cerpen adalah ketika pengarang mengungkapkan solusi terhadap masalah yang dialami tokoh dalam cerpen. Dalam resolusi, masalah sudah mendapat penyelesaian di tahap akhir cerita.

6. Koda

Struktur cerpen berikutnya dan yang terakhir adalah koda. Pengertian koda pada cerpen adalah nilai atau pelajaran yang bisa didapat dari teks cerita pendek oleh pembaca. Pesan dan amanat menjadi intisari cerita yang bisa dipetik oleh pembaca setelah membaca teks cerpen.
5. Proposal
1. Sampul
Proposal kegiatan harus memiliki sampul menggunakan logo kegiatan atau bisa menggunakan logo organisasi. Disampul juga ditulis Nama kegiatan yang akan dilaksanakan. di bagian baah ditulis instansi pelaksana kegiatan.
2. Latar Belakang
Dalam menulis latar belakang perlu dikatehui. Tidak semertamerta latar belakang di tulis tetapi latar belakang dimulai ke hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus.
5. Nama Kegiatan
Nama kegiatan adalah nama yang akan dilaksanakan pada kegiatan tersebut.
4. Tema
Tema kegiatan yang ditulis sesuai dengan tema yang disepakati secara bersama pada forum atau tema yang telah ada sebelumnya.
5. Tujuan
Tujuan kegiatan adalah tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut dan mecakup alasan kegiatan ini.
6. Jenis Kegiatan/Acara Kegiatan
jenis kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan. Seluruh jenis kegiatan harus di tulis karena instansi akan melihat banyaknya kegiatan yang direncanakan. Setiap kegiatan harus dijelaskan maksud dan tujuannya.
7. Sarana Promosi
Sarana promosi adalah keuntungan dari sponsor.sarana promosi mulai dari umbul-umbul, pakaian, pamplet, browsure, spanduk, audio dan Hitungan pembagian persen sponsor. Besar persen yang disumbangkan oleh sponsor menentukan besar atau kecilnya logo sponsor.
8. Etimasi Anggaran
Etimasi anggaran adalah jumlah alokasi kesuluruhan dana yang akan digunakan. ditulis secara detail dengan harganya. Mulai dari perlengkapan, administrasi, komsumsi, piala, plakat, panggung, sound dan lainnya. Atimasi anggaran adalah hal penting karena yang utama diperiksa oleh instansi adalah Anggaran.
9. Penutup
Penutup adalah permuhonan terima kasih sekaligus permohonan maaf kepada instansi. Tanda tangan dan stempel harus ada karena sah tidaknya proposal ada pada tanda tangan dan stempel.
10. Susunan Kepanitiaan
Susunan kepanitiaan harus ada karena bisa saja sponsor menggunakan sarana pakaian jadi menggunakan hitungan struktur kepanitiaan. selain itu instansi juga melihat benyak tidaknya kepanitiaan, mengetahui ketua panitia dan penanggung jawab kegiatan. SK terlampir di belakang penutup tetapi boleh juga di awal penutup.
6. Karya Ilmiah
1. Judul 
2. Pendahuluan 
a. Latar Belakang Masalah 
b. Perumusan Masalah 
c. Tujuan (Penulisan Karya Ilmiah) 
d. Manfaat 
3. Kerangkan Teoritis 
4. Metodologi Penelitian 
 Metode-metode penelitian yang dimaksud, misalnya, sebagai berikut. 

a. Metode deskriptif, yakni metode penelitian yang bertujuan hanya menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya, tanpa adanya perlakuan apa pun
b. Metode eksperimen, yakni metode penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran atas suatu gejala setelah mendapatkan perlakuan. 

c. Metode penelitian kelas, yakni metode penelitian dengan tujuan untuk memperbaiki persoalan-persoalan yang terjadi pada kelas tertentu
5. Pembahasan 
6. Simpulan dan Saran
7. Daftar Pustaka 

7. Drama
1.      Prolog (adegan pembukaan).
2.      Dialog (percakapan).
3.      Epilog (adegan akhir atau penutup).


  1. Surat lamaran
Pernyataan Umum, berisi Pembuka atau hal yang akan disampaikan. Biasanyamenjelaskan secara garis besar dari apa yang ingin dibahas
Klasifikasi, menjelaskan bagian-bagian yang dibahas. Klasifikasi dibagi menjadi 2, yaitu :
          a).  Deskripsi Bagian, dan
          b).  Deskripsi Manfaat

  1. Cerita sejarah
Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
Urutan Peristiwa, merupakan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan dalam urutan kronologis.
Reorientasi, berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak. Terserah kehendak penulis teks cerita sejarah.

  1. Teks editorial
Pernyataan pendapat (tesis): bagian berisi sudut pandang penulis mengenai masalah yang dibahas. Biasanya sebuah teori yang akan diperkuat oleh argumen.
Argumentasi: alasan atau bukti yang digunakan guna memperkuat pernyataan dalam tesis, walau secara umum argumentasi diartikan untuk menolak suatu pendapat. Argumen bisa berbentuk pertanyaan umum/data hasil penelitian, pernyataan para ahli, maupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.
Penyataan/Penegasan ulang pendapat (Reiteration): bagian berisi penegasan ulang pendapat yang didorong oleh fakta di bagian argumentasi guna memperkuat/menegaskan. Ada di bagian akhir teks.

  1. Artikel

a. Orientasi Berita, 
Orientasi berita berisi mengenai pembuka dari suatu peristiwa yang diberitakan. Biasanya terdapat penjelasan singkat mengenai berita tersebut. 

b. Peristiwa, 
Peristiwa berisi mengenai jalannya kejadian dari awal sampai akhir yang didasari pada peristiwa yang terjadi dan dijelaskan berdasarkan fakta dari lapangan. 

c. Sumber Berita
Berisi mengenai sumber didapatnya berita tersebut. Biasanya berita yang ditambahkan sumber dituliskan pada media cetak seperti koran, tapi tidak jarang media elektronik juga menyertakan sumber berita terutama di Internet

5. Kritik dan essai

  1. Pendahuluan
  2. Isi/Pembahasan
  3. Kesimpulan/Penutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal UNBK Materi Teks Explanasi