SOAL UJIAN NASIONAL
40. Membandingkan untuk
menentukan perbedaan dan persamaan teks
1.
bacalah kedua teks berita berikut!
Teks Berita I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung yang hendak
berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum
pukul 13.00 WIB. Imbauan itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju
Puncak sejak pukul 13.00 WIB. Imbauan itu sebelumnya sudah disosialisasikan ke
sejumlah hotel, penginapan dan warga setempat.
Teks Berita II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah
menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para
pelancong dengan tujuan Puncak agar mengusahakan tiba di tempat tujuan sebelum
pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas
satu jalur.
Kesamaan informasi kedua teks berita
tersebut adalah...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor
agar wisatawan datang ke Puncak
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor
kepada pengendara roda dua dan roda empat
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor
tentang recana penutupan jalur Puncak sore hari
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar pengunjung Puncak
tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB
E. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor
agar tidak datang ke Puncak
2. Bacalah kedua teks berita berikut!
Teks Berita I
Musim kemarau tahun ini mengalami pergeseran atau kemunduran. Untuk
wilayah Sumatera, Sukawesi, dan sebagian Bali musim kemarau diprakirakan baru
akan dimulai pada sepuluh hari pertama bulan Juli. Sementara untuk wilayah
Jawa, dtangnya musim kemarau bervariasi, mulai dari dasarian ketiga Juni hingga
dasarian kedua Juli. Sementara itu, musim kemarau di wilayah Maluku akan
dimulai dari dasarian kedua Juli.
Teks Berita II
Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya saat ini tengah
mengalami krisi air bersih. Krisis air bersih ini terjadi karena musim kemarau
melanda daerah tersebut dalam beberapa bulan terakhir. Krisis air bersih ini
membuat warga yang berada di seputaran Pantai Cermin, Ujung Pandan, Gampong
Paya lebih memprioritaskan air untuk keperluan masak dan minum saja. "Air
hanya untuk kebutuhan memasak dan minum," ungkap salah seorang warga,
Inur, pada The Globe Journal, selasa (08/10/2013)
Perbedaan penyajian kedua teks berita
tersebut diawali dengan unsur...
Teks Berita I Teks Berita II
A. apa di mana
B.
apa siapa
C.
kapan bagaimana
D.
siapa kapan
E.
di mana bagaimana
3. Bacalah dua teks berita berikut
Teks Berita I
Seorang pria paruh baya berusia sekitar
40-50 tahun terserempet Kereta Commuter Line di Stasiun Citayam. Pria yang
belum diketahui identitasnya tersebut terserempet kereta dari arah Bogor ke
Jakarta. Beruntung nyawanya masih tertolong. Korban mengalami luka ringan dan
patah kaki. Petugas Stasiun Citayam, Rendi, menuturkan kejadian itu terjadi
setar pukul 08.20 WIB. Kejadian berawal saat pria tersebut hendak menuju peron
arah bogor.
Teks Berita II
Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor - Jakarta
menyerempet seorang pria di Stasiun Citayam. Diduga pria paruh baya tersebut
berusia 40-50 tahun itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat, seorang
saksi mata, Reza Indragiri, mengatakan sebelum kejadian ada sebuah KRL akan berhenti
di Stasiun Citayam. Menjelang berhenti, aada orang masih menyebrang rel menuju
peron tanpa menghiraukan kemungkinan tertabrak KRL.
Persamaan isi kedua teks berita tersebut
adalah...
A. Kondisi pria paruh baya yang
terserempet kereta di Stasiun Citayam mengalami luka ringan dan patah kaki
B. Sebuah kereta rel listrik
(KRL) commuter line Bogo - Jakarta menyerempet seorang pria paruh baya di
Stasiun Citayam
C. Menurut petugas stasiun, kejadian yang
menimpa pria paruh baya tersebut terjadi sekitar pukul 08.20 WIB
D. Pria paruh baya yang terserempet KRL
itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat
E. Seorang pria paruh baya menaiki KRL di
Stasiun Citayam
4. Bacalah dua teks berita berikut!
Teks Berita I
Evan Dimas menjadi satu-satunya pemain usia muda yang dipanggil oleh
pelatih alfred riedl untuk mengikuti seleksi dalam 23 pemain yang akan melaju
ke turnamen AFF Suzuki Cup 2014. Evan Dimas sendiri berpeluang diturunkan pada
laga uji coba untuk mengisi lini tengah lapangan juga sangat besar lantaran
pemain yang mengisi posisi ini mengalami
cedera.
Teks Berita II
Pada menit ke-10, Indonesia akhirnya berhasil unggul lewat gol dari
Sergio van Djik. Mantan pemain Persib Bandung itu mampu memanfaatkan
kecerobohan dua bek lawan yang gagal mengantisipasi crossing Rizki Rizaldi
Pora. Sergio pun melepaskan bola dengan keras sehingga gagal ditangkap dengan
baik oleh kiper Timor Leste.
Perbedaan penyajian kedua teks berita
tersebut adalah...
Teks Berita I Teks Berita II
A.
diawali dengan unsur kapan
diawali dengan unsur bagaimana
B.
diawali dengan unsur apa
diawali dengan unsur siapa
C. diawali dengan unsur siapa diawali dengan unsur kapan
D. diawali dengan unsur di mana diawali dengan unsur kapan
E.
diawali dengan unsur apa
diawali dengan unsur kapan
5. Bacalah kedua teks berita berikut
Teks
Berita I
Provinsi Nusa Tenggara Barat
mengalami tiga kali guncangan akibat gempa bumi hari ini (7/8). Gempa terbesar
berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) terjadi pada pukul 05.41. Gempa tersebut
tidak menyebabkan tsunami walaupun berada pada kedalaman dangkal.
Teks
Berita II
Gempa bumi yang melanda NTB ini bukan
pertama kali terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Pada 10 Mei 2014 lalu, BMKG
juga melaporkan telah terjadi gempa bumi di laut sumbawa dengan kekuatan 5,7
Skala Richter
Perbedaan penyajian kedua
teks berita berikut adalah...
A. Teks Berita I diawali
unsur berita siapa.
Teks Berita II diawali unsur berita kapan.
B. Teks Berita I diawali
unsur berita apa.
Teks Berita II diawali unsur berita di
mana.
C. Teks Berita
I diawali unsur berita di mana.
Teks Berita II diawali unsur berita apa.
D. Teks Berita I diawali
unsur berita mengapa.
Teks Berita II diawali unsur berita apa.
E. Teks Berita I diawali unsur berita apa
Teks Berita II diawali unsur berita di mana
Teks Berita II diawali unsur berita di mana
41.
Mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/kias/majas dalam karya sastra
1. Di bawah ini yang termasuk majas
penegasan, kecuali…..
A. Majas
klimaks.
B. Majas
pararelisme.
C. Majas
hiperbola.
D. Majas
retorik.
E. Majas
taulogi.
2.
Ayah selalu membawa gudang garam kemanapun ia pergi.
Kalimat dibawah ini yang menggunakan majas yang sama
dengan kalimat tersebut adalah…..
A. Sampai
sekarang belum kelihatan batang hidungnya.
B. Dini
menyaksikan peristiwa itu dengan mata kepalanya sendiri.
C. Bel
telah memanggil anak-anak masuk ke kelas.
D.
Pak Rahmad pergi ke kantor
dengan naik kijang.
E. Dewi
malam bersembunyi dibalik awan.
3.
Bacalah puisi dibawah ini !
Saat dedauanan mulai memanggilmu.
Tersenyum manis kala bersentuhan dengan alam.
Yang tak akan bosan menyapamu.
Awan pun akan menangis merindukan hadirmu.
Majas yang terkandung dalam puisi diatas adalah……
A. Majas
hiperbola.
B. Majas personifikasi.
C. Majas
pararelisme.
D. Majas
metonimia
E. Majas
perumpamaan.
4. Kalimat yang
menggunakan majas metafora adalah…..
A. Pena
menari-nari diatas kertas.
B. Dewi
malam bersembunyi dibalik awan.
C. Halilintar
bersahut-sahutan ditengah derasnya hujan.
D. Harimau
mengaung memecahkan keheningan malam.
E. Kecantikan gadis itu laksana malaikat tanpa sayap.
5. Bacalah puisi dibawah
ini!
Memang salahku.
Buaya darat kepercayai.
Memang tak bisa
dipungkiri melati kini telah ternodai.
Memang salahku.
Kepercayai bonglon itu.
Dan tak kusangka dia
berpindah warna.
Jenis majas yang ada
dalam puisi diatas adalah…..
A. Majas
repetisi.
B. Majas
metafora.
C. Majas
simile.
D.
Majas simbolik.
E. Majas
antiklimaks.
42.
Mengidentifikasi unsur teks sastra
UN
2014/2015 IPA
Cermati penggalan novel berikut!
|
1. Watak tokoh Yusuf yang dinilai negatif adalah…
A. tidak
peduli terhadap orang-orang di sekitarnya
B. enggan beribadah karena merasa masih berusia muda
C. menghindari
perbuatan yang tidak bermanfaat
D. tidak
mau mengikuti saram dari siapa pun
E. selalu
merasa cemas akan datangnya kematian
UN
2014/2015 IPA
Bacalah kutipan Sastra Melayu Klasik berikut dengan
saksama!
|
2. Nilai sosial yang tampak pada kutipan tersebut
adalah…
A. member
makan burung-burung bebas
B. raja
ikut sengsara bersama rakyatnya
C. menolong sesama dari kesulitan atau bahaya
D. bersukacita
melihat jerat mengena sasaran
E. mengecoh
musuh dengan tipuan
UN
2014/2015 IPA
Bacalah puisi berikut dengan cermat!
3. Suasana dalam puisi tersebut adalah…
A. kesedihan
B. kegembiraan
C. kekhusyukan
D. kebahagiaan
E. ketenangan
UN
2013/2014 IPS
Cermati kutipan novel berikut!
|
4. Watak tokoh Kasan Ngali dalam kutipan tersebut
adalah…
A. bimbang
B. takut
C. lemah
D. berani
E. tegas
5. Pembuktian latar tempat dalam kutipan novel
tersebut ditunjukkan dalam kalimat…
A. Ia
menatap buruh itu satu-satu
B. Kami
datang sudah begini
C. Tugasmu ialah usir semua orang dari pekarangan
D. Buruh-buruh
itu masih belum bergerak
E. “Pergi!
Kau kira aku tidak waras,ya!”
43.
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
UN
2014/2015 IPA
Cermati penggalan novel berikut!
|
1. Simpulan isi kutipan novel tersebut adalah…
A. Yusuf tidak dapat menjadi teladan dalam hal beribadah
B. Orang-orang
di sekitar Yusuf tidak taat menjalankan agama
C. Ketidakpedulian
antara orang yang satu dengan yang lain
D. Ketidakhati-hatian
Tuti memberikan nasihat kepada Yusuf
E. Orang-orang
di sekitar Maria sangat sombong dan merasa benar
UN
2014/2015 IPA
|
2. Kemustahilan yang terdapat dalam kutipan tersebut
adalah…
A. Sekawanan burung tekukur menerbangkan jarring yang berisi
teman-temannya yang terjerat
B. Sekawanan
burung tekukur memakan umpan yang ditebarkan pemburu di sekeliling jarring
C. Dalam
sekawanan burung tekukur terdapat seekor burung sebagai rajanya
D. Raja
tekukur ikut terbang bersama rakyatnya dan terjerat jaring pemburu
E. Seorang
mempunyai pikiran yang cerdik untuk melepaskan rakyatnya dari kebinasaan
UN
2014/2015 IPA
Cermati puisi berikut!
3. Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut
adalah…
A. Terasa dalam puisi bahwa si penyair sangat mencintai seseorang
B. Tidak
ada lagi hal-hal yang perlu disampaikan penyair dalam puisi tersebut
C. Banyak
isyarat yang digunakan penyair dalam puisi tersebut
D. Hanya
cinta yang dapat dipersembahkan oleh penyair kepada seseorang
E. Semua
kata yang diucapkan penyair mengandung rasa cinta
UN
2013/2014 IPS
Bacalah puisi berikut dengan cermat!
4. Makna lambang sajadah
dalam puisi tersebut adalah…
A. Kain untuk alas sujud
B. Kehidupan
di dunia
C. Waktu
untuk beribadah
D. Tempat
untuk salat
E. Kesempatan
beramal
5. Maksud bait pertama puisi tersebut adalah…
A. Ada
sajadah yang panjang terbentang dari kita lahir sampai kita mati
B. Dalam
hidup seorang hamba di samping bekerja juga mencari ilmu
C. Seorang
hamba Tuhaan selalu sujud dan tunduk kepada Tuhannya
D. Perjalanan hidup seseorang dimulai sejak lahir hingga meninggal
E. Bekerja
dan mencari ilmu adalah selingan dalam hidup
44. Menyimpulkan isi tersirat dalam karya
sastra
Tatkala aku
masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang
yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak
Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda,
sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang
berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda.
“Kenang-kenangan”
oleh Abdul Gani A.K
1. Amanat dalam penggalan cerpen tersebut
adalah:
A. Jangan cepat menyerah pada keadaan bagaimanapun juga.
B. Jangan membuang waktu selagi masih ada waktu.
C. Sebaiknya kita menyesuaikan diri dengan keadaan.
D.
Jangan lupa diri bila menguasai
bahasa orang.
E. Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain.
2.
Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!
(1) Kita
pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana
transportasi publik, khususnya angkutan darat. (2) Sampai kini, belum terlihat
upaya signifikan ke arah itu. (3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap
saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. (4) Kegagalan pemerintah di
sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. (5)
Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil
pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. (6) Menggunakan
kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi
alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai
pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat
berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan
produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum
pertumbuhan ekonomi pun terhambat.
Masalah dalam kutipan tajuk rencana tersebut
adalah ...
A. Pemerintah tidak serius dalam menyediakan
infrastruktur dan sarana transportasi publik.
B. Kegagalan
pemerintah di sektor transportasi publik memicu konsumsi BBM semakin
melonjak.
C. Kemacetan
lalu lintas parah terlihat pada setiap saat di kota-kota besar, khususnya di
Jakarta.
D. Pemerintah
ingin menghemat anggaran subsidi APBN, tetapi dalam kenyataannya malah
sebaliknya.
E. Pertumbuhan ekonomi terhambat dan terjadi
kelangkaan BBM karena pemerintah menaikkan
harga BBM.
3.
Bacalah kutipan paragraf berikut!
Puluhan
hektare tanaman padi yang telah menguning habis dilalap banjir. Puluhan ribu
tanaman cabe yang mulai dipetik petani tidak bisa juga terhindar dari ancaman
bencana ini, meski area tanaman sedikit lebih tinggi daripada tanaman padi.
Bahkan, tanaman sayuran yang berada di lahan satu meter lebih tinggi dan
tinggal beberapa hari lagi siap dipanen, juga tergenang air akibat banjir.
Simpulan secara generalisasi yang sesuai
dengan paragraf di atas adalah . . . .
A. Banjir kali ini telah memusnahkan tanaman
yang siap dipanen.
B. Semua tanaman milik petani tak ada yang tersisa akibat
banjir.
C. Puluhan hektare lahan pertanian tergenang air akibat
banjir.
D. Lahan pertanian menjadi korban utama dari bencana banjir.
E. Tak terhitung kerugian yang diderita petani akibat
bencana banjir.
4. Bacalah teks
berikut dengan seksama !
Teks I
Gadis cantik itu dapat diibaratkan dengan setangkai bunga
yang indah dalam jambangan. Banyak orang yang mengagumi dan terpikat sehingga ingin
memilikinya dan tidak jemu memandangnya. Ia menjadi pusat perhatian setiap
orang yang memandangnya.
Teks II
Kau rembulan malam yang bersinar di antara kegelapan
Menjadi bintang yang benderang di kehampaan malam
Pijaran sinar rembulanmu membawa keteduhan dan kehangatan
bagi tubuh yang dingin, lebam
Dirimu satu di antara yang besar dan kekal sepanjang malam
Rembulan, sudikah kau tetap sinari langit di bulan Januari
ini?
Kalimat kesimpulan dari kedua isi teks di atas adalah…
A.
Kecantikan bunga dan rembulan yang
sukar mengalihkan pandangan mata.
B.
Kekaguman terhadap bunga dan
rembulan malam yang memberikan kesan berbeda.
C.
Bunga merupakan lambang cinta kasih
yang tulus, sedangkan rembulan lambang kehampaan.
D. Kecantikan seorang perempuan selalu ditandai atau
digambarkan dengan bunga dan rembulan.
E.
Pengungkapan rasa syukur dan
pengapresiasian atas kecantikan perempuan melalui pemaknaan.
5. Bacalah
puisi berikut dengan seksama !
Maghrib ini dalam doaku kau menjelma angin yang turun sangat
perlahan dari nun di sana bersijingkat di jalan dan
menyentuh-nyentuhkan pipi dan bibirnya di rambut, dahi,
dan bulu-bulu mataku
Dalam doa malamku kau menjelma denyut jantungku, yang
dengan sabar bersitahan terhadap rasa sakit yang entah
batasnya, yang setia mengusut rahasia demi rahasia, yang tak
putus-putusnya bernyanyi bagi kehidupanku
Aku mencintaimu. Itu sebabnya aku takkan pernah selesai
mendoakan keselamatanmu
(‘Dalam Doaku’, Sapardi Djoko Damono)
Maksud puisi tersebut adalah....
A.
seseorang yang menjelma dalam doa yang
ia cintai di setiap waktu
B. seseorang yang mendoakan orang yang ia cintai di
setiap waktu dengan tulus
C.
doa seseorang yang dikabulkan oleh
Tuhan karena mendoakan orang yang ia cintai
D.
sebuah doa yang menjelma kebahagiaan
yang mendalam
E.
kedamaian dalam berdoa untuk orang
yang dicintai
45. Menginterpretasi hubungan isis
sebab/akibat konflik dalam karya sastra
1. Cermatilah paragraf berikut!
Yanti seorang anak yang rajin dan tekun. Ia rajin mengikuti pelajaran di sekolah. Setiap diadakan diskusi di sekolah, ia sering diminta tampil sebagai pembicara. Rata-rata empat jam sehari ia belajar sendiri di rumah. Bahkan, ia tidak segan-segan bertanya kepada guru jika ada hal-hal yang belum dimengerti, atau belum jelas…..
Kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….
A. Karena itu, tidak heran apabila Yanti meraih juara satu di sekolahnya.
B. Jadi, Yanti mendapat penghargaan yang pantas dari sekolahnya.
C. Oleh karena itu, Yanti sangat dicintai dan dihormati teman-temannya.
D. Makanya Yanti bisa diterima di perguruan tinggi ternama di negeri ini.
E. Sudah sepantasnyalah Yanti mendapat dukungan dari keluarganya.
Yanti seorang anak yang rajin dan tekun. Ia rajin mengikuti pelajaran di sekolah. Setiap diadakan diskusi di sekolah, ia sering diminta tampil sebagai pembicara. Rata-rata empat jam sehari ia belajar sendiri di rumah. Bahkan, ia tidak segan-segan bertanya kepada guru jika ada hal-hal yang belum dimengerti, atau belum jelas…..
Kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….
A. Karena itu, tidak heran apabila Yanti meraih juara satu di sekolahnya.
B. Jadi, Yanti mendapat penghargaan yang pantas dari sekolahnya.
C. Oleh karena itu, Yanti sangat dicintai dan dihormati teman-temannya.
D. Makanya Yanti bisa diterima di perguruan tinggi ternama di negeri ini.
E. Sudah sepantasnyalah Yanti mendapat dukungan dari keluarganya.
2. Bacalah paragraf sebab akibat berikut!
Selokan air di depan rumah kami jarang dibersihkan. Selokan juga dipenuhi barang bekas. Belum lagi sampah banyak dibuang di selokan itu. Warga sekitar juga membiarkan sampah berserakan di jalan. ….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah….
A. Akibatnya, banyak daerah-daerah yang dilanda banjir besar ketika musim penghujan.
B. Tidak mengherankan jika hujan tiba, daerah tersebut sering dilanda banjir.
C. Tanah rusak dan hasil panen menurun drastis akibat hal itu.
D. Banjir pasti datang saat musim hujan dan warga pun menjadi korban.
E. Jadi, kebersihan dan keasrian lingkungan hidup kita harus dijaga sebaik-baiknya.
Selokan air di depan rumah kami jarang dibersihkan. Selokan juga dipenuhi barang bekas. Belum lagi sampah banyak dibuang di selokan itu. Warga sekitar juga membiarkan sampah berserakan di jalan. ….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah….
A. Akibatnya, banyak daerah-daerah yang dilanda banjir besar ketika musim penghujan.
B. Tidak mengherankan jika hujan tiba, daerah tersebut sering dilanda banjir.
C. Tanah rusak dan hasil panen menurun drastis akibat hal itu.
D. Banjir pasti datang saat musim hujan dan warga pun menjadi korban.
E. Jadi, kebersihan dan keasrian lingkungan hidup kita harus dijaga sebaik-baiknya.
3.
Konflik dalam keluarga
yang muncul dalam kutipan cerpen tersebut adalah…….
A. Kebingungan chaerul memenuhi utang ayahnya
B. Anak-anak tokoh papa memiliki banyak utang
C. Keinginan tokoh papa untuk bertemu amri
D. Chaerul belum melunasi hutangnya
E. Chaerul merasa bersalah karena tokoh papa sakit.
A. Kebingungan chaerul memenuhi utang ayahnya
B. Anak-anak tokoh papa memiliki banyak utang
C. Keinginan tokoh papa untuk bertemu amri
D. Chaerul belum melunasi hutangnya
E. Chaerul merasa bersalah karena tokoh papa sakit.
4.
.Bacalah teks berikut ini dengan saksama!
Soetomo lahir di Desa Ngepeh, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada tanggal 30 Juli 1888. Pada waktu kecil pemuda itu oleh ayahnya diberi nama Soebroto. Nama itu kemudian diganti menjadi Soetomo ketika dia mengikuti sekolah rendah Belanda (ELS) di Bangil.
Setelah tamat dari ELS di Bangil, Soetomo melanjutkan studinya ke Jakarta. Ia masuk sekolah kedokteran Jawa yang bernama STOVIA pada tanggal 10 Januari 1903. Pada masa kemahasiswaannya inilah, ia tampil sebagai penggerak utama berdirinya Boedi Oetomo pada bulan Mei 1908.
Pernyataan-pernyataan berikut yang sesuai dengan isi paragraf
di atas adalah…..
A. Soetomo
lahir di Desa Ngepeh, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Setamat dari ELS di
Bangil, ia melanjutkan studinya ke STOVIA di Jakarta. Pada masa
kemahasiswaannya itulah ia tampil sebagai penggerak berdirinya Boedi Oetomo.
B. Pada waktu kecil, Soetomo diberi nama Soebroto. Nama itu
kemudian diganti menjadi Soetomo untuk melanjutkan sekolah ke STOVIA Jakarta.
C. Soetomo lahir di Desa Ngepah, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Setelah besar ia pindah ke Jakarta untuk menggapai cita-citanya menjadi dokter. Ia mendaftarkan diri sebagai mahasiswa STOVIA dan lulus pada tanggal 10 Januari 1903.
D. Dari sejak sekolah ELS di Bangil, Soetomo sudah bercita-cita menjadi dokter. Ia ingin mengabdikan dirinya sebagai dokter dari satu tempat ke tempat lain di Indonesia.
E. Soetomo lahir pada tanggal 30 Juli 1888. Setamat ELS, ia pindah ke Jakarta dan bersekolah di STOVIA. Ia sangat bangga menjadi pemimpin organisasi modern pertama di Indonesia.
C. Soetomo lahir di Desa Ngepah, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Setelah besar ia pindah ke Jakarta untuk menggapai cita-citanya menjadi dokter. Ia mendaftarkan diri sebagai mahasiswa STOVIA dan lulus pada tanggal 10 Januari 1903.
D. Dari sejak sekolah ELS di Bangil, Soetomo sudah bercita-cita menjadi dokter. Ia ingin mengabdikan dirinya sebagai dokter dari satu tempat ke tempat lain di Indonesia.
E. Soetomo lahir pada tanggal 30 Juli 1888. Setamat ELS, ia pindah ke Jakarta dan bersekolah di STOVIA. Ia sangat bangga menjadi pemimpin organisasi modern pertama di Indonesia.
5.
Bacalah penggalan pidato di bawah ini dengan saksama!
Dalam proses komunikasi saya dengan seluruh rakyat Indonesia,
baik melalui surat, telepon, maupun SMS, masih sering dirasakan adanya
pelayanan yang kurang baik kepada rakyat. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan
kualitas pelayanan dengan penuh ketulusan, kasih sayang, dan rasa tanggung
jawab.
(Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada acara HUT ke-59 Bhayangkara)
Penggalan pidato tersebut bertujuan…
(Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada acara HUT ke-59 Bhayangkara)
Penggalan pidato tersebut bertujuan…
A. Mengecam kinerja
POLRI yang kurang baik.
B. Memberitahukan kepada
rakyat agar menggunakan SMS, surat, maupun telepon dalam berkomunikasi dengan
presiden.
C. Mengimbau agar POLRI meningkatkan kualitas
pelayanan kepada masyarakat dengan penuh tanggung jawab.
D. Menenangkan hati
rakyat dengan cara mengadakan komunikasi melalui surat, telepon, maupun SMS.
E.
Mendorong masyarakat agar membantu POLRI dalam meningkatkan
kualitas pelayanan.
46. Menginterpretasikan nilai
Cermati
isi cerpen berikut!
(1)
Maka Baginda berangkat ke mahligai maka didapatkanya Tuan Putri lagi duduk
diidapnya oleh mak Inang pengasuhnya serta dayangdayang biti-biti pewara
sekalian lagi membicarakan perilaku arif bijaksana Baginda itu. (2) Maka Raja
Syah Johan pun datang lalu duduk pada sisinya Tuan Putri itu seraya katanya,
“Sudahkah Tuan , nyawakakanda santap?” (3) Maka sahut Tuan Putri sambil
tersenyum seraya katanya “Sudahkah kakanda, bukan juga beta santap karena
lamalah beta akan menantikan kakanda belumjuga kakanda datang itu.” (4) Maka
baginda itu pun duduklah dengan Tuan Putri sambil bersenda dan
bergurau-gurauan. (5) Maka seketika ituhari pun malam, maka Baginda dan Tuan
Putri itu pun masuklah ke peraduan.
1. Nilai
moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adakah
A. Isteri
menunggu suami tidak sabar.
B. Isteri melakukan sesuatu seizin suami.
C. Isteri
yang patuh terhadap suami
D. Suami-isteri
selalu rukun dan bersenda gurau.
E. Isteri
yang di tinggal sendiri oleh suami.
Cermatilah
teks berkut!
(1) “Bung,
tolong matikan rokoknya, bus ini akan tambah pengap dengan asap rokok Bung!”
(2) “Iya,
tolong matikan rokoknya,” kata penumpang lain
(3) Akan
tetapi, pemuda itu tenang – tenang saja.
(4) “Bung
tidak dengar, ya?”
(5) Pemuda
itu menatap tajam
(6) “Peduli
apa, Pak. Tak ada larangan merokok dalam bus ini. Apa harus minta permisi dulu
untuk merokok,” katanya ketus.
(Asap
Asap Rokok, Hidayat M.)
2. Nilai
sosial yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...
A. Tidak peduli dengan kepentingan orang lain
B. Tetap
merokok di dalam bus
C. Marah
kepada pemudah perokok
D. Merasa
tidak berdosa
E. Menjawab
pertanyaan dengan ketus
Cermatilah kutipan berikut!
Maka
didapatnyalah ketupat yang sudah basi dibuangkan oleh orang pasar itu dengan
buku tebu, lalu dimakannya ketupat yang sebiji itu laki-bini. Setelah sudah di
makannya ketupat itu, maka baharulah dimakannya buku tebu itu, maka adalah
segar sedikit rasanya tubuhnya karena beberapa harinya tiada merasai nasi
hendak mati rasanya. Ia hendak meminta ke rumah takut. Jangankan dberi orang
barang sesuat, hampir kepada rumah orang barang sesuatu, hampir kepada rumah
orang itu pun tidada boleh. Demikianlah hal si miskin itu sehari – hari.
Hatta,
maka hari pun petanglah, maka Si miskin pun berjalanlah masuk ke dalam hutan,
tempatnya sediakala itu. Di sanalah ia tidur, maka disapunyalah darah yang
ditubuhnya tiada boleh keluar karena darah sudah kering. Maka, Si miskin itu
pun tidurlah di dalam hutan itu.
Hikayat
si Miskin
3. Nilai
moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah...
A. Kesengsaraan
hidup masyarakat
B. Pembelaan
raja terhadap si Miskin
C. Ketabahan
orang kampong dengan munculnya si Miskin
D. Ketabahan dalam menapaki kesulitan
E. Sikap
penduduk yang peduli pada si Miskin
Bacalah kutipan hikayat berikut!
Tersebutlah
perkataan seorang raja keinderaan yang kena sumpah Batara Indera. Adapun raja
itu sekarang hidup laki bini sebagai si Miskin di negeri Antah Berantah yang
diperintah oleh Maharaja Indera Dewa. Adapun pekerjaan si Miskin mengelilingi
negeri mencari rejeki setia hari adanya. Tetapi ke mana mereka pergi, mereka selalu
dilempari orang dengan batu dan kayu. Terpaksalah mereka makan ketupat dan buku
tebu yang didapatinya dan timbunan – timbunan sampah. Hatta beberapa lamanya
bii si Miskin pu hamillah dan ingin makan mempelam dri raja. Raja Antah
Berantah dengan suka memberikan mempelam itu. Beberapa lama kemudian, bini si
Miskin ingin makan nangka yang ada di dalam istana pula dan nangka itu pun
diberikan juga oleh raja...
4. Nilai
sosial yang terkandung dalam penggalan crita tersebut adalah ...
A. Kebaikan
raja yang hanya bederma untuk orang miskin
B. Permohonan
orang miskin kepada seorang raja
C. Kurang adanya kepedulian kepada orang miskin
D. Orang
miskin yang selalu menyerah dengan keadaan
E. Orang
miskin mempunyai hubungan yang baik dengan sang raja
Bacalah kutipan berikut!
Sebuah
negeri dalam negeri itu ada sebuah kebun terlalu besarnya. Pada suatu pagi
datanglah seorang pemburu serta membawa jaring dan panah. Berdirilah ia di tepi
kolam itu adalah kelakuannya seperti malaikat maut hendak mengambil nyawa. Demi
dilihat sekalian gagak itu, sekaliannya pun berterbanglah. Tinggallah gagak
yang bernama si Pandai Terbang bersembunyi hendak melihat bagaimana kelakuan
pem-buru itu. Pemburu itu merentangkan jaringannya dan membubuh umpannya
berkeliling dan bersembunyilah ia. Seketika datanglah sekawanan burung tekukur
dan rajanya. Sekalian tekukur itu singgahlah me-makan umpan itu, sekaliannya
itu pun terkenalah jaring. Demi dilihatlah oleh pemburu itu dan sukacitalah ia
terlalu sangat dan berlari-lari hendak menangkap burung itu. Pada ketika itu
raja dan tekukur menyuruh kepada segala rakyatnya untuk terbang membawa jaring
itu, maka sekaliannya itu pun terbang ke udara membawa jaring itu.
5. Nilai
moral yang terdapat dalam teks tersebut adalah...
A. Tidak
memiliki rasa peduli akan nasib orang lain yang sedang menderita
B. Perilaku raja terukur yang menyelamatkan rakyatnya dari bahaya
C. Raja
terukur menipu rakyatnya untuk keselamatan dirinya
D. Raja
terukur dan pemburu saling membantu dan memberi
E. Pemburu
yang lebih menyayangi burung gagak daripada terkukur.
47. Membandingkan,
pola penyajian, karya sastra (unsur intrinsik karya sastra)
Cermatilah
teks berikut!
Teks 1
Kehadiran Komet Ikeya-Seki yang
dapat dilihat secara mata telanjang dan penampakannya berlangsung berhari-hari
membuat beredar isu kala itu bahwa akan terjadi mala petaka besar. Isu itu kian
membuat ngeri ketika orang-orang dapat menyaksikan secara jelas ekor Komet
Ikeya-Seki yang tampak begitu besar dan seolah- olah akan membelah angkasa.
Teks 2
Gerhana bulan muncul apabila bulan
sedang beroposisi dengan matahari. Karena kemiringan bidang orbit bulan
terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, tidak setiap oposisi bulan dengan
matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit
bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 titik potong yang disebut
node, yaitu titik tempat bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini
akan terjadi saat bulan berposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu
29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya.
Seharusnya, jika terjadi gerhana bulan akan diikuti dengan gerhana matahari dan
kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari
dengan bumi.
1. Persamaan kedua teks tersebut adalah
....
A. membahas
peristiwa malapetaka di bumi akibat komet
B. menjelaskan
gejala alam yang muncul di malam hari
C. menguraikan
perpindahan bintang atau planet di alam
D. memperkirakan
timbulnya bencana akibat perubahan alam
E. membicarakan
gejala alam yang terjadi di ruang angkasa
Bacalah
kedua teks berikut!
Teks Berita I
Penutupan penambangan pasir ilegal
di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berdampak pada terpuruknya usaha penjualan
pasir di Kabupaten Pamekasan. Sejumlah tempat penjualan pasir hitam dari
Pasirian, Kabupaten Lumajang, pun terancam gulung tikar.
"Sekarang stok pasir sudah
habis. Sudah tidak ada yang masuk lagi. Banyak pelanggan kecewa karena tidak
terlayani," kata Kholiq, pengusaha pasir di Jalan Raya Palengaan,
Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (6/10/2015).
Teks Berita
II
Tiga titik penambangan pasir ilegal
yang beroperasi di sepanjang Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah,
ditutup. Penutupan tersebut dilakukan oleh tim gabungan Polda Jawa Tengah
dan Balai Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Serayu Selatan, Rabu
(7/10/2015). Penutupan penambangan pasir tanpa perlawanan. Bahkan,
saat dilakukan penutupan, mereka sudah kabur. Diduga penertiban tersebut sudah
bocor. Ketiga penambangan pasir ilegal yang ditutup berada di Desa Tumiyang,
Kecamatan Kebasen, Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, dan Desa Somakaton,
Kecamatan Somagede. Penambangan tersebut berada di sepanjang Sungai Serayu.
2. Perbedaan pola penyajian kedua teks
tersebut adalah….
Teks Berita 1
|
Teks Berita II
|
|
A
|
apa, bagaimana, siapa, di mana, kapan
|
siapa, apa, bagaimana, kapan, di mana
|
B
|
apa, mengapa, siapa, di mana, kapan
|
apa, siapa, kapan, bagaimana, di mana
|
C
|
siapa, apa, di mana, mengapa, kapan
|
bagaimana, kapan, siapa, apa, di mana
|
D
|
mengapa, siapa, apa, di mana, kapan
|
siapa, di mana, kapan, bagaimana, apa
|
E
|
apa, mengapa, di mana, siapa, kapan
|
siapa, kapan, mengapa, apa, di mana
|
Bacalah
kedua teks berikut dengan saksama!
Cerita Rakyat
Pada suatu hari Toba memancing di sungai dekat rumahnya. Ia berharap
mendapat ikan besar dan segera dimasaknya untuk dijadikan laut. Tidak lama
kemudian, mata kailnya disambar ikan. Ia melihat seekor ikan besar
tersangkut di mata pancingnya. Kemudain, Toba memperhatikan ikan besar yang
berhasil ia tangkap. Ikan itu memiliki sisik kuning keemasan. Sisik ikan tampak
berkilauan ketika terkena sinar matahari. Toba melepaskan mata kailnya dari
mulut ikan tangkapannya. Tiba-tiba terjadi sebuah keajaiban. Ikan aneh bersisik
kuning keemasan itu menjelma menjadin seorang perempuan yang cantik.
Hikayat
Sebermala Panglima Dalung meminta Gadis Cik Inam untuk membawa tujuh
butir bertih sebagai bekal selama dalam peti besi. Gadis Cik Inam semakin
bingung. Pnglima Dalung tahu Gadis Cik Inam belum memahami maksudnya. Syahdan Pnglima
Dalung meneruskan urainnya, kami akan pulang terlebih dahulu ke Tanah Galangan.
Kalah Jelantang Api datang kemari, katakana kepadanya bahwa kunci peti besi ada
di tangan kami. Supaya dapat membukanya, ia harus mencari kami ke Tanah
Galangan . Disanalah kita akan membuat perhitungan dengannya.
3.
Perbedaan penyajian isi cerita kedua kutipan
tersebut adalah…
A. Cerita rakyat : Menceritakan kehidupan sehari-hari seorang ibu
Hikayat : Menceritakan kehidupan seorang raja di istana
Hikayat : Menceritakan kehidupan seorang raja di istana
B. Cerita rakyat : Menceritakan kegembiraan
Hikayat : Menceritakan kesedihan tokoh dalam cerita
Hikayat : Menceritakan kesedihan tokoh dalam cerita
C. Cerita rakyat : Menceritakan perbuatan lucu yang dialami tokoh
Hikayat : Menceritakan seorang ibu yang kehilangan empat anaknya
Hikayat : Menceritakan seorang ibu yang kehilangan empat anaknya
D. Cerita rakyat : Menceritakan sejarah di suatu daerah
Hikayat : Menceritakan kehebatan seorang ulama di sebuah daerah
Hikayat : Menceritakan kehebatan seorang ulama di sebuah daerah
E. Cerita rakyat :
Menceritakan perbuatan jahat yang dilakukan tokoh utama
Hikayat : Menceritakan perjuangan seorang kepala keluarga mencukupi kebutuhan hidup
Hikayat : Menceritakan perjuangan seorang kepala keluarga mencukupi kebutuhan hidup
Bacalah
kedua teks berikut!
Kutipan
Novel 1
Siapa
bapaku, demikian pula di mana aku diperanakkan oleh bundaku, tiada kuketahui
dengan benar; tetapi antara ada dan tiada, masih terbayang-bayang dalam
ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang aku, semasa aku mulai
fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapaku, tiadalah lain yang kuketahui
tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi dan lampai, karena jika
kuingat ketika aku merecak tengkuknya, riang rasa semangatku memandang bumi.
(suham H.S. percobaan setia, Jakarta, Balai Pustaka, 2011)
Kutipan
Novel 2
Malam itu
kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di laut, sedang berlayar menuju
pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan tiang-tiang tegak, berpandu
kompas membelah ombak, angin berharum garam membawa semacam aroma lain yang
sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju,
menuju cercah-cercah serupa nyala emas hangus yang bertebaran di
permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat bersusun-susun, memancar terlalu
terang untuk pulau sekecil itu. (Nukila Akmal, Cala Ibi, Jakarta, Gramedia
Pustaka Utama, 2004)
4.
Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah....
A. Novel 1
menggunakan bahasa lugas, Novel 2 menggunakan ungkapan
B. Novel 1
menggunakan majas, Novel 2 menggunakan bahasa sehari-hari
C.
Novel 1 menggunakan bahasa lugas, novel 2 menggunakan majas
D. Novel 1
menggunakan bahasa resmi, novel 2 menggunakan bahasa populer
E. Novel 1
menggunakan ungkapan, novel 2 menggunakan bahasa melayu
iklan
tengah.
Bacalah
kedua teks berikut dengan saksama!
Teks 1
Kita tidak
pernah berpikir tentang berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara
tercemar dan makanan yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang
tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam
berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka setiap hari. Kita tidak dapat melihat
semua substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang tubuh
kita.
Bagaimana cara
mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi tubuh kita (tanpa menggunakan
mikroskop)? Cara terbaik adalah melakukan tes urin menggunakan ubi bit (beetroot).
Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda
mungkin merasa khawatir karena itu berarti bahwa Anda mungkin memiliki
kebocoran saluran pencernaan.
Teks 2
Sebuah video
menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi
per tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia
maya.
Dalam video
berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang pria berpakaian ala Ustaz
terlihat sedang menggandakan uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan
Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis!
Si Ustaz hanya
terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus
mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya
terlihat beberapa pria dan seorang wanita dengan baju tank top,
menghitung uang yang berhasil dikeluarkan.
Tidak ada
keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya
menuliskan informasi bahwa video ini nyata dan bukan rekayasa.
5. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
menggunakan
kosakata asli bahasa Indonesia
|
menggunakan
kosakata bahasa asing
|
B
|
menggunakan bahasa
resmi
|
menggunakan
bahasa santai
|
C
|
menggunakan
bahasa bidang ilmu
|
menggunakan
bahasa sehari-hari
|
D
|
menggunakan
perumpamaan
|
menggunakan
bahasa lugas
|
E
|
menggunakan
bahasa lugas
|
menggunakan
bahasa santai
|
(1)
“Apa
kau bilang?Jodoh?Saya tidak rela kau berjodoh dengan Azrial. Akan saya
carikan kau jodoh yang lebih bermartabat!”
(2)
“Apa
dia salah kalau ayahnya hanya juru masak?”
(3)
“Jatuh
martabar keluarga kita bila laki-laki itu jadi suamimu. Paham kau?”
(4)
“Derajat
keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu, seperti sawah tak
berpermatang, tak ada yang bisa diandalkan.”
(5)
Tetapi,
tidak patut rasanya, Mangkudun memandang Azrial dengan sebelah mata.
(6)
Maka,
dengan berat hati Azrial melupakan Ronggogeni.
(7)
Ia
hengkang dari kampung, pergi membawa luka hati.
|
48. Menganalisi
hubungan antar unsur intrinsik dalam karya sastra
1. Perhatikan teks berikut ini !
Kalimat yang menunjukkan watak tokoh Mangkudun yang sombong
terdapat pada nomor.....
A. (1) dan
(2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan
(4)
D. (5) dan
(6)
E. (6) dan
(7)
2. Watak tokoh Suryono dalam kutipan tersebut
adalah.........
A. Teguh
B. Tegas
C. Moderat
D. Feodal
E. Santun
3. Pendeskripsian watak tokoh tersebut melalui......
A. Uraian
pengarang
B. Jalan
pikiran tokoh
C. Suasana
sekitar tokoh
D. Dialog antartokoh
E. Tingkah
lakutokoh
4. Pendeskripsian watak tokoh aku yang bertanggung
jawab diungkapkan melalui........
A. Dialog
antartokoh
B. Lingkaran
tokoh
C. Pikiran tokoh
D. Tanggapan
tokoh
E. Fisik
tokoh
5. Bacalah dengan seksama kutipan novel berikut!
A
kiong kembali merogoh sesuatu lari dalam koper dan segera menyerahkan kunir
seukuran ibu jari. Tanpa banyak cingcong, Mahar memotong kunir dan dengan
gerakan sangat cepat tak sempat kuhindari ia menggerus kunir itu di keningku,
melukis tanda silang yang besar. Maka, terpampanglah di keningku huruf X
berwarna kuning. Lalu, seperti telah sama-sama paham prosedur berikutnya, tanpa
dikomando, A Kiong mengambil dahan-dahan beluntas dari dalam koper,
melemparkannya kepada Mahar yang menyambutnya dengan tangkas dan langsung
menampar-namparkakan daun-daun itu ke sekujur tubuhku. Sementara Mahar mengibas
ibaskan daun beluntas dengan beringas, A Kiong serta-merta menyembur-nyemburkan
air ke seluruh tubuhku-termasuk wajah-melalui alat penyemprot bunga sehingga yang
terjadi adalah sebuah kekacauan.....
(Laskar
Pelangi, Andrea Hirata)
Bahwa tokoh Mahar yang gesit, tidak mengenal belas
kasih, dan percaya pada hal-hal gaib dideskripsikan melalui......
A. Pikiran
tokoh
B. Tindakan tokoh
C. Bentuk
fisik tokoh
D. Lingkungan
tokoh
E. Uraian
langsung tokoh
49.
Menganalisi bukti latar, perwatakan
1. Cermati kedua teks penggalan cerpen berikut untuk
menjawab soal!
Teks Cerpen I
|
Teks Cerpen II
|
Teman-temannya senang mengolok Joko. Mentang-mentang
dia Cuma anak perusak sekolah yang rumahnya dia gang sempit. Sudah sepuluh
tahun ibunya bekerja sebagai pembantu di sekolah ini. Untuk membantu ibunya,
Joko harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu
gerbang sekolah dibuka.
|
Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota
kelahiranku dengan menumpang bis, Tuan akan berhenti di deket pasar.
Melangkahlah menyusuri jalan raya arah ke barat, maka kira-kira satu
kilometer dari pasar akan sampailah Tuan dijalan kampungku. Pada simpang
kecil ke kanan, beloklah ke jalan sempit itu. Dan diujung jalan itu nanti
Tuan temukan sebuah seruau tua. Didepannya ada kolam ikan yang airnya
mengalir melalui empat buah pancuran mamk
|
Kesamaan kedua teks cerpen tersebut yaitu, usur
intrinsik yan berhubungan dengan.........
A. Latar
B. Alur
C. Penokohan
D. Tokoh
E. Amanat
Bacalah puisi berikut
kemudian jawablah soal nomer 2 dan 3!
Gempa Bumi
Bumi bergoyanag tanah
bergetar
Rumah-rumah tokoh
Orang-orang berlarian
Gempa bumi
Bila datang harus waspada
Bila ada harus siaga
Larilah keluar rumah
Gempa bumi
Tak dapat dihindari
Berdoalah kepada Tuhan
Agar engkau dilindungi
2. Tema kutipan puisi tersebut adalah......
A. Korban
bencana alam
B. Lokasi
bencana alam
C. Waspada gempa bumi
D. Pertanda
datang bencana
E. Peristiwa
gempa bumi
3. Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terdapat
pada larik......
A. Pertama bait pertama
B. Kedua
bait pertama
C. Keempat
bait kedua
D. Ketiga
bait ketiga
E. Kedua
bait pertama
4. Bacalah kedua kutipan
puisi berikut!
Teks Puisi I
|
Teks Puisi II
|
Terima kasih Tuhan
Untuk burung yang berkicauan di pohon
Memuji kebesaran-Mu
Untuk bunga yang merekah
Dan untuk embun yang bersinar di atasnya
Untuk matahari yang cerah
Udara yang sejuk
Untuk semua karunia-Mu
Terlalu indah bagi umat-Mu
Terima kasih Tuhan untuk kehidupan ini
|
Jangankan biarkan limbah mengaliir
Ke sungaiku yang jernih
Ke pantaiku yang tenang
Ke lautku yang riang
Di sana ada dermaga dan anagin
Tempat nelayan menggenggam harapan
Tempat camar sebelum pulang
Jangan biarkan limbah merusak semuanya
|
Perbedaan pesan kedua puisi
tersebut adalah......
|
Puisi I
|
Puisi II
|
A
|
Mari, kita tingkatkan kepedulian!
|
Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
|
B
|
Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
|
Harapan menjaga kelestarian lingkungan
|
C
|
Harapan menjaga kelestarian alam
|
Mari, kita tingkatkan kepedulian kepada sesama!
|
D
|
Jangan menyia-nyiakan kesempatan
|
Isi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat!
|
5. Bacalah kedua kutipan
novel berikut!
|
|
Perkakas
rumah dan pakaian yang ditinggalkan Si Mina sehelai demi sehelai pindah
kerumah gadai.
Apabila
Bertes tidak mabuk dan pikirannya tenang, tersalah olehnya kemiskinan yang
dideritanya itu. Ia pun menyesal dan menyalahkan Si Inem seorang perempuan
yang pembantah.
|
Pangeran Purbaya bersama dua istri dan seorang anaknya
telah bersembunyi di dalam suatu jurang yang tidak berapa dalamnya. Dengan
sangat duka citanya, ia duduk termenung di atas sehelai permadani kecil.
Sebuah pelita kecil yang terletak di sudut memberi cahaya yang samar-samar.
|
Perbedaan karakteristik
kedua kutipan novel tersebut adalah........
|
|
|
A
|
Latar tempat tidak jelas
|
Latar tempat
jelas
|
B
|
Penggambaran watak tokoh langsung digambarkan oleh
pengarangnya
|
Penggambaran watak tokoh berdasarkan pembicaraan tokoh
lain
|
C
|
Menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama
|
Menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
|
D
|
Terdapat tiga tokoh utama
|
Terdapat empat tokoh utama
|
50. Mengaitkan isi dengan kehidupan saat
ini
1. Bacalah
kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Ketika Bu Bidan datang
dan masuk ke ruang pemeriksaan, perawat pembantu sedang berhadapan dengan
seorang pasien. “Betul Anda pernah kemari? Tanya perawat itu sambil mencari
kartu di kotak yang padat berisi deretan kertas tebal. “Betul, Bu! “Yang
terakhir kapan?” Perempuan di bangku tampak berpikir. Sejak anak saya yang
kecil itu!” berhenti sebentar, lalu menambahkan “Sekarang sudah lima tahun
umurnya.” “Anak lahir, sesudah itu masih periksa tidak? “Masih. Lalu kami
pulang ke desa. Dua tahun atau kurang sedikit.
Warung
Bu Sally, Nh. Dini
Amanat yang tersirat dalam kutipan cerpen
tersebut adalah ....
A. pasien harus memberikan identitas yang
jelas
B. perawat harus teliti dalam mencatat
identitas pasien
C. pasien harus memiliki kartu
berobat
D. pasien harus memberi keterangan yang
jelas
E. pasien jangan terlalu lama kalau
berobat
2. Cermati
kedua teks penggalan cerpen berikut!
Teks Cerpen 1
|
Teks Cerpen 2
|
Teman-temannya senang mengolok-olok Joko. Mentang-mentang dia Cuma anak
pesuruh sekolah yang rumahnya di gang sempit. Sudah sepuluh tahun ibunya
bekerja sebagai pembantu di sekolah ini. Untuk membantu ibunya, Joko harus
membersihkan kelas setiap satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah
dibuka.
|
Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan
menumang bis, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkah menyusuri jalan
raya arah ke barat, maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah tuan
di jalan kampungku.Pada simpang kecil ke kanan, beloklah ke jalan sempit itu.
Dan di ujung jalan itu nanti Tuan temukan sebuah surau tua. Di depannya ada
kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.
|
Hal
dalam teks 1 yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah ….
A.
durhaka kepada orang tua karena tidak mampu
B. menyayangi orang tua walaupun tidak mampu
B. menyayangi orang tua walaupun tidak mampu
C.
bekerja untuk melanjutkan biaya sekolah
D.
bekerja untuk membantu adik-adik sekolah
E. menghina teman karena pekerjaannya orang tua
E. menghina teman karena pekerjaannya orang tua
3. Perhatikan
kutipan novel berikut ini!
Sudah
tiga kali Minggu ini Mak Cik datang meminjam beras. Keluarga kami memang miskin
tapi Mak Cik lebih tak beruntung. la tak berdaya karena tak lagi dipedulikan
suaminya, antara lain karena ia hanya bisa melahirkan anak-anak perempuan itu.
Ibuku
memberi isyarat dan Arai melesat ke gudang peregasan. Ia memasukkan beberapa
takar beras ke dalam karung, kembali ke pekarangan, memberikan karung beras itu
kepada ibuku yang kemudian melungsurkannya kepada Mak Cik.
"Ambillah...."
Mak
Cik menerimanya dengan canggung dan berat hati. Aku tak sampai hati melihatnya.
la berkata terbata-bata, "Tak 'kan mampu kami menggantinya, Kak...."
Lalu
Mak Cik menatap Nurmi. Wajahnya menanggungkan perasaan tak sampai hati namun
beliau benar-benar tak punya pilihan lain. "Hanya biola ini milik kami
yang masih berharga," ucapnya pedih. Nurmi memeluk biolanya kuat-kuat. Air
matanya mengalir. la tak rela melepaskan biola itu. "Nurmi.../' panggil
ibunya. Nurmi berupaya keras menguat-nguatkan dirinya. la mendekati ibuku.
Langkahnya terseret-seret untuk menyerahkan koper biolanya. Air matanya berurai-urai. Ibuku tersenyum
memandangi Nurmi. "Jangan sekali-kali kaupisahkan Nurmi dari biola ini,
Maryamah. Kalau berasmu habis, datang lagi ke sini." (Andrea Hirata, Sang Pemimpi)
Nilai
moral yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah....
A. Menolong dengan ikhlas orang yang membutuhkan bantuan.
B.
mempunyai simpanan makanan untuk dibagikan kepada tetangga.
C.
melakukan kewajiban memperhatikan kondisi warga sekitar.
D.
mengorbankan semua miliknya demi anak-anaknya.
E.
berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan nafkah.
4. Perhatikan
kutipan cerpen berikut!
Selama
sang raja pergi, para puteri semakin nakal dan malas. Mereka sering membentak
inang pengasuh dan menyuruh pelayan agar menuruti mereka. Karena sibuk menuruti
permintaan para puteri yang rewel itu, pelayan tak sempat membersihkan taman
istana. Puteri Kuning sangat sedih melihatnya karena taman adalah tempat
kesayangan ayahnya. Tanpa ragu, Puteri Kuning mengambil sapu dan mulai
membersihkan taman itu. Daun-daun kering dirontokkannya, rumput liar
dicabutnya, dan dahan-dahan pohon dipangkasnya hingga rapi. Semula inang
pengasuh melarangnya, namun Puteri Kuning tetap berkeras mengerjakannya.
Kakak-kakak
Puteri Kuning yang melihat adiknya menyapu, tertawa keras-keras. "Lihat
tampaknya kita punya pelayan baru,"kata seorang diantaranya. "Hai
pelayan! Masih ada kotoran nih!" ujar seorang yang lain sambil melemparkan
sampah. Taman istana yang sudah rapi, kembali acak-acakan. Puteri Kuning diam
saja dan menyapu sampah-sampah itu. Kejadian tersebut terjadi berulang-ulang
sampai Puteri Kuning kelelahan. Dalam hati ia bisa merasakan penderitaan para
pelayan yang dipaksa mematuhi berbagai perintah kakak-kakaknya.
Nilai
dalam cerita rakyat tersebut yang sesuai dengan kehidupan saat ini adalah....
A.
menghormati kedua orangtua
B.
mendengarkan nasihat orangtua
C.
tidak semena-mena kepada orang lain
D. bertindak sesuka hati kepada orang lain
E.
tidak mencampuri urusan orang lain
5. Perhatikan
teks dibawah ini !
Pengemis
dan Shalawat Badar
Karya
Ahmad Tohari
Shalawat
itu terus mengalun dan terdengar makin jelas karena tidak ada lagi suara
kondektur. Para penumpang membisu dan terlena dalam pikiran masing-masing. Aku
pun mulai mengantuk sehingga lama-lama aku tak bisa membedakan mana suara
shalawat dan mana deru mesin diesel. Boleh jadi aku seolah berada di alam mimpi
dan di sana kulihat ribuan orang membaca shalawat. Anehnya, mereka berjumlah
banyak, memiliki rupa yang sama. Mereka semuanya mirip sekali dengan pengemis
yang naik dalam bus yang kutumpangi di terminal Cirebon.
Mengaitkan
tema cerpen di atas dengan kehidupan sehar-hari adalah…
A. Membaca shalawat dalam perjalanan.
B.
Penumpang tertidur.
C.
Aku mulai tertidur.
D.
Aku bermimpi melihat ribuan orang membaca shalawat.
E.
Tokoh bermimpi melihat ribuan orang yang wajahnya sama dengannya.
51. Menilai
Keunggulan/Kelemahan Karya sastra
1.
Bacalah penggalan resensi berikut!
Betapa
apiknya Mangunwijaya menelusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya, Pak Ansana,
adalah pecinta alam. Maka, tidak menherankan apabila anaknya, Atik kemudian
menjadi ahli biologi. Atik senang buku, ia satu dengan buku. Ia membuat
karirnya dengan buku. Keistimewaan Mangunwijaya lagi bahwa ia menampilkan
penutur-penutur sesuai dengan tingkat sosial dan lingkungannya.
Masalah
yang disoroti dalam penggalan resensi novel di atas adalah….
A. Kelebihan pengarang (Mangunwijaya) dalam menggambarkan latar.
B.
Cara Mangunwijaya bercerita dalam novel.
C.
Latar belakang kehidupan tokoh Atik.
D.
Pemaparan keturunan tokoh Atik.
2. Bacalah
penggalan berikut !
Novel
ini membuka nuansa baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa
pembaharruan dibidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya, adalah
pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias
penunggu rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita
setara dengan pria bekerja, aktif di luar rumah dan memajukan kaumnya yang
dieakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai teladan di masa sekarang dan para
pelajar(tokoh masa depan)
Berdasarkan
data buku tersebut jika disusun sebagi kalimat resensi tentang keunggulan novel
adalah.....
A.
Wajarlah novel Layar Terkembang wajib dibaca oleh para siswa.
B.
memang sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia pendidikan
C. masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel in
wajib di dunia Pendidikan.
D.
S. takdir Alisayhbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam dunia
pendidikan
3. Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang
menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya
dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan
panjang lebar karakter tokoh-tokohnya. Jadi cerita tidak kabur. Sayang
pengarang sering mengulang-ulang kata porno. Dalam satu buku, mungkin lebih
dari empat kisah.
Kalimat
yang mengungkapkan keunggulan buku adalah...
A. cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan
B.
karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.
C.
pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan menghalangi
D.
cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain
4. Perhatikan
kutipan data buku berikut!
Judul : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil
Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun : 1995
Setelah
dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat
resensi yang tepat untuk menggambarkannya adalah . . . .
a.
Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud
menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan
komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus
berpikir keras.
c.
Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung
isi cerita sehingga mudah dimengerti.
d.
Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat
sehingga ceritanya kurang lengkap
e.
Cerita ini kurang menarik karena bahasa yang digunakan terlalu berat sehingga
menyulitkan pembaca untuk memaknainya
5. (1) Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri
atas enam buah cerita. (2) Cerpen tersebut mengisahkan tentang kesaksian
revolusi kemerdekaan. Kumpulan cerpen karya Nugroho Notosusanto menampilkan
kisah-kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh pengarangnya sendiri. (3)
Kumpulan cerpen ini tidak hanya dilihat dari sudur peristiwa yang berkaitan
dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya, namun dilihat dari isinya
yang lebih manusiawai. (4) Pengarangnya sendiri terlibat langsung dalam
perjuangan kemerdekaan sebagai anggota tentara pelajar.
(5) Buku ini memiliki
kelebihan penggunaan ejaan yang baik, tanda baca digunakan dengan baik dan
sesuai dengan fungsingya masing-masing, paragraf tersusun dengan baik. (6)
Namun banyak menggunakan bahasa yang kurang dimengerti. (7) Buku ini lebih
ditujukan kepada pembaca yang pikirannya pernah mengembara ke medan perang.
Pernyataan yang berupa keunggulan
buku terdapat pada kalimat nomor ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (7)
E. (1)
52. Membandingkan
gaya dan bahasa karya sastra
1. Bacalah kedua kutipan
novel berikut dengan saksama!
Perbedaan karakteristik kedua kutipan
novel tersebut adalah ….
A.
|
Kutipan I
|
Kutipan II
|
B.
|
Tokoh yang terlibat banyak
|
Tokoh yang terlihat dua
|
C.
|
Sudut pandang dia
|
Sudut pandang aku
|
D.
|
Latar tidak jelas
|
Latar jelas
|
E.
|
Amanat jelas
|
Amanat tidak jelas
|
2. Perhatikan
perbandingan teks berikut !
Kutipan Novel 1
Siapa bapaku, demikian pula di mana aku diperanakkan
oleh bundaku, tiada kuketahui dengan benar; tetapi antara ada dan tiada, masih
terbayang-bayang dalam ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang
aku, semasa aku mulai fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapaku,
tiadalah lain yang kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi
dan lampai, karena jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya, riang rasa
semangatku memandang bumi. (suham H.S. percobaan setia, Jakarta, Balai Pustaka,
2011)
Kutipan Novel 2
Malam itu kau melihat kapal-kapal mereka
nun jauh di laut, sedang berlayar menuju pulaumu. Armada dengan layar-layar
berkibar dan tiang-tiang tegak, berpandu kompas membelah ombak, angin berharum
garam membawa semacam aroma lain yang sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang
laju, menuju cercah-cercah serupa nyala
emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat
bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau sekecil itu. (Nukila Akmal,
Cala Ibi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2004)
Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel
tersebut adalah....
A. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, Novel
2 menggunakan ungkapan
B. Novel 1 menggunakan majas, Novel 2
menggunakan bahasa sehari-hari
C. Novel 1 menggunakan bahasa
lugas, novel 2 menggunakan majas
D. Novel 1 menggunakan bahasa resmi, novel
2 menggunakan bahasa populer
E. Novel 1 menggunakan ungkapan, novel 2
menggunakan bahasa melayu
3. Bacalah
teks berikut
Epos laut
Busa dan buih putih
Menununtun gulungan ombak
Mengendap pasir putih Pantai
Busa dan buih putih
Menuntun lelaki pelaut
Pulang dari kemenangan di laut
Majas yang mendominasi penggalan puisi
tersebut adalah ………..
a.
Metafora
b.
Hiperbola
c.
Repetisi
d. Personifikasi
e.
Pleonasme
4. Kalimat
yang menggunakan majas metafora adalah…
a.
Pena menari-nari diatas kertas.
b. Dewi malam bersembunyi dibalik awan.
c.
Halilitntar bersahut-sahutan ditengah derasnya hujan.
d.
Harimau mengaung memecahkan keheningan malam.
e.
Kecantikan gadis itu laksana malaikat tanpa sayap.
5. Bacalah
puisi berikut !
Karya: Mardi Luhung
Ketika kau tertidur napas halusmu melayang menebus jalusi
Dan napasku yang tergopoh pun menyusulnya
Agar dapat menjaganya sampai nanti kau terbangun ….
Puisi di atas menggunakan majas ....
A. metafora
B. tautologi
C. simbolik
D. paradoks
E. personifikasi
Karya: Mardi Luhung
Ketika kau tertidur napas halusmu melayang menebus jalusi
Dan napasku yang tergopoh pun menyusulnya
Agar dapat menjaganya sampai nanti kau terbangun ….
Puisi di atas menggunakan majas ....
A. metafora
B. tautologi
C. simbolik
D. paradoks
E. personifikasi
PEMBAHASAN
40.
Membandingkan untuk menentukan perbedaan dan persamaan teks
1. Pembahasan :
Dilihat kata yang
digarisbawahi pada kedua teks diatas, kedua teks tersebut memiliki penyajian
yang berbeda namun inti atau maksud dari berita tersebut sama yaitu himbauan
Kasat Lalu lintas Polres Bogor kepada pengunjung/pelancong agar tiba di Puncak
sebelum pukul 13.00 WIB. Pilihan A dan salah karena tidak dijelaskan pada kedua
teks diatas. Pilihan B dan C salah karena tidak terdapat pada kedua teks
diatas.
2. Pembahasan :
Perbedaan tersebut dapat
diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W+1H. Setiap kalimat merupakan jawaban
atas satu pertanyaan. Teks Berita I diawali unsur apa (musim kemarau).
Sementara itu, Teks Berita II diawali unsur berita di mana (Kecamatan
Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya). Pilihan B salah karena hanya jawaban
Teks Berita I yang tepat yaitu apa sedangkan jawaban Teks Berita II salah.
Pilihan C dan D salah karena tidak sesuai dengan kalimat awal kedua teks
diatas.
3. Pembahasan :
Mengapa? lihat lagi
kalimat yang digarisbawahi pada kedua teks berita I dan II. Inti dari berita
tersebut adalah Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogo - Jakarta
menyerempet seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam. Pilihan A salah karena
kondisi pria paruh baya hanya terdapat pada Teks Berita I. Pilihan B salah
karena kejadian yang menimpa paruh baya hanya terdapat pada Teks Berita I.
Pilihan D salah karena pria paruh baya yang terserempet KRL nekat menyebrang
rel meski kereta sudah dekat hanya terdapat pada Teks Berita II.
4. Pembahasan :
Teks Berita I diawali
unsur siapa (evan dimas) dan Teks Berita II diawali unsur kapan (pada menit
ke-10). Pilihan A dan B salah karena tidak sesuai dengan kalimat awal kedua
teks diatas. pilihan D salah walaupun jawaban Teks Berita II benar, yaitu
(kapan) tetapi jawaban Teks Berita I salah yaitu (dimana)
5. Pembahasan:
Teks Berita I diawali
unsur di mana (Provinsi Nusa Tenggara Barat). Teks Berita II diawali unsur apa
(Gempa Bumi). pilihan A, B, dan D tidak sesuai dengan kalimat awal kedua teks
berita diatas.
41.
Mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/kias/majas dalam karya sastra
1. Pembahasan :
Majas penegasan adalah
kata-kata berkias yang menyatakan penegasan untuk meningkatkan kesan dan
pengaruhnya terhadap pendengar ataupun pembaca. Dalam soal diatas yang termasuk
majas penegasan adalah majas klimaks, majas pararelisme, majas retorik, majas
taulogi. Nah majas hierbola termasuk dalam golongan majas perbandingan yaitu
kata-kata berkias yang menyatakan perbandingan untuk meningkatkan kesan dan
pengaruhnya terhadap pendengar atau pembaca.
2. Pembahasan :
Kalimat dalam soal adalah
menunjukkan jenis majas metonimia adalah majas yang menggunakan ciri atau lebel
dari sebuah benda untuk menggantikan benda tersebut.Pengungkapan tersebut
berupa penggunaan nama untuk benda lain yang menjadi merek, ciri khas, atau
atribut. Jadi dari kalimat pada jawaban yang sudah disediakan yang juga
menggunakan majas metonimia adalah Pak Rahmad pergi ke kantor dengan naik
kijang. Naik kijang disini artinya menggunakan mobil bermerek kijang.
3. Pembahasan :
Dari puisi diatas
tepatnya dalam baris ke tiga isinya “Yang tak akan bosan menyapamu” yaitu
ketika dedaunan dapat menyapa seperti apa yang manusia lakukan. Termasuk ke
dalam majas personifikasi.
4. Pembahasan
Majas metafora adalah
majas yang mengungkapkan ungkapan secara langsung berupa perbandingan analogis.
Nah dalam pilihan diatas yang membandingan secara langsung adalah “Kecantikan
gadis itu laksana malaikat tanpa sayap” saking cantiknya bagaikan malaikat
tanpa sayap.
5. Pembahasan :
Majas simbolik adalah majas
yang melukiskan sesuatu dengan mempergunakan benda, binatang, atau tumbuhan
sebagai simbol atau lambang. Dari puisi diatas disebutkan “buaya darat
kupercayai” itu merupakan perumpamaan sesorang seperti buaya yang tidak setia
dengan pasangannya.
42. Mengidentifikasi
unsur teks sastra
1. Watak tokoh Yusuf yang
dinilai negatif terdapat pada ucapannya pada paragraf kedua yaitu “Saya? Ah,
bukankah tadi kata Tuan Parta, bahwa agama itu pekerjaan orang yang telah
pensiun. Saya pun menanti pensiun dahulu, baru akan sembahyang …”. Pada kalimat
itu dapat dilihat bahwa ia enggan beribadah karena merasa masih berusia muda
Jawaban
: B
2. Terlihat raja tekukur
memiliki siasat bagus untuk menyelamatkan burung tekukur yang terjerat jaring
dengan menyuruh burung tekukur yang lain terbang bersama jaring yang berisi
kawanan burung tekukur. Hal yang dilakukan raja tekukur memiliki nilai sosial yaitu
menolong sesama dari kesulitan atau bahaya
Jawaban
: C
3. Puisi tersebut
menceritakan 2 insan yang sebelumnya bersama namun akhirnya berpisah dan
akhirnya ia seorang sendiri dengan kenangan sebuah bunga yang masih ia pegang
erat. Sehingga suasana dalam puisi tersebut adalah sedih.
Jawaban
: A
4.
Dari cara bicara Kasan Ngali terlihat sifat tegas yang ditunjukkan dengan
memerintahkan buruh-buruh tersebut dengan lantang.
Jawaban
: E
5.
Bukti latar tempat terlihat pada paragraf ke tujuh kalimat ke dua yaitu “Tugasmu
ialah usir semua orang dari pekarangan”
Jawaban
: C
43. Memaknai isi tersurat
dalam karya sastra
1.
Ditandai dengan perkataan Yusuf yaitu “Saya? Ah, bukankah tadi kata Tuan Parta,
bahwa agama itu pekerjaan orang yang telah pensiun. Saya pun menanti pensiun
dahulu, baru akan sembahyang …”
Jawaban
: A
2.
Kemustahilan yang terdapat dalam kutipan adalah Sekawanan burung tekukur
menerbangkan jaring yang berisi teman-temannya yag terjerat karena itu akan
menyakiti bulu sayap burung tersebut.
Jawaban
: A
3.
Diksi kata yang dipilih penyair sangat terasa bahwa penyair begitu mencintai
seseorang yang tidak bisa diungkapkan oleh penyair kepada dia yang dicintai
penyair
Jawaban
: A
4.
Makna sajadah adalah kain untuk alas sujud ditandai dalam puisi yaitu “Hamba
tunjuk dan sujud”
Jawaban
: A
5.
Ada sajadah yang panjang terbentang dari kita lahir sampai kita mati memiliki
maksud perjalanan hidup seseorang dimulai sejak lahir hingga meninggal
Jawaban
: D
44.
Menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra
6. Pembahasan : dari cerpen tersebut diketahui
tersirat bahwa penulis ingin berusaha menjadi, orang belanda dan melupakan
kampung halamannya.
7.
Pembahasan : dijelaskan pada kalimat pertama pemerintah
tidak serius dalam hal penyedia infraksruktur dan transportasi publik di
Indonesia.
8. Pembahasan : pada paragraf tersebut
ditekankan bahwa banjir memusnahkan puluhan ribu tanaman cabe yang di panen
oleh para petani.
9. Pembahasan : dua teks tersebut
menceritakan tentang kecantikan seorang perempuan yang di ibaratkan seperti
seorang rembulan
10.
Pembahasan : terdapat hampir disetiap kalimatnya bahwa
puisi ini adalah sebuah doa dan dibalut dengan bahasa bahasa romantis, jadi doa
yang selalu diucapkan tulus untuk orang yang dicintai.
.
45.
Menginterpretasi hubungan isi sebab/akibat konflik dalam karya sastra
- Pembahasan :dalam teks dijelaskan bahwa Yanti adalah
seorang anak yang rajin dan tekun, dan ia sering diminta untuk tampil
didepan umum, jadi sudah bisa dipastikan Yanti meraih juara di sekolahnya,
karena usaha tidak akan terjadi secara sia sia.
- Pembahasan : di dalam teks dijelaskan bahwa warga
sekitar serung sekali membuang sampah sembarangan dan membiarkan sampah
tersebut di jalan. Jadi akibat yang akan ditimbulkan adalah daerah
tersebut pasti akan dilanda banjir saat musim penghujan karena sampah
tersebut.
- Pembahasan : karena dijelaskan pada kalimat akhir
bahwa “pembayaran utang abang benar-benar di tunggu karena kami mulai
kekurangan dana”
- Pembahasan : karena option A sesuai dengan apa yang terdapat dalam teks
- Pembahasan : terdapat pada kalimat terakhir yang
menekankan bahwa POLRI harus meningkatkan lualitas pelayanan dengan
penuh ketulusan, kasih sayang, dan
tanggung jawab.
46. Menginterpretasi nilai
1. Dalam
sastra melayu klasik terdapat unsur – unsur ekstrinsik dama halnya dengan
cerpen atau novel. Salah satu nilai yang terdapat dalam sastra meayu klasik
adalah nilai mora..
Jawaban
B.
2. Nilai
sosial adalah nilai yang diambil berdasarkan lingkungan sosial. Dalam teks
tersebut, lingkungan sosial yang terjadi merujuk kepada kepentingan pribadi
yang akan menimbulkan konflik. Maka jawaban yang menunjukan nilai sosial adalah
A.
3. Dalam
hikayat tersebut, diceritakan tentang kesusahan si Miskin dalam mendapatkan
makanan, sampai ia harus mengambil keetupat bekas yang dibuang oleh orang –
orang di pasar. Namun ia tetap tabah akan cobaan yang di dapatnya. Nilai moral
yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah D.
4. Nilai
sosial merupakan nilai yang merajuk kepada kepedulian sesama yang terkandung
dalam teks tersebut dan menimbulkan suatu konflik. Nilai mengenai kepedulian
sesama terdapat pada jawaban C. Kurang adanya kepedulian kepada orang miskin
5. Nilai
moral yang terdapat dalam teks tersebut merupakan nilai yang menyampaikan
perilaku seorang raja terhadap rakyatnya. Maka jawaban yang tepat adalah B.
Perilaku raja terukur yang menyelamatkan rakyatnya dari bahaya.
47. Membandingkan, Pola penyajian,
karya sastra (unsur intrinsik dan ekstrinsik)
1. Pembahasan :
Persamaan kedua teks tersebut adalah membicarakan
gejala alam yang terjadi di ruang angkasa (Jawaban E).
2. Pembahasan:
Pola penyajian pada teks sesuai dengan maksud utama
apa yang dituliskan.Pada teks pertama langsung dibuka oleh apa kejadiannya
,kemudian dilanjutkan dengan mengapa kejadian tersebut terjadi.sedangkan teks 2
dimulai dengan kejadian apa, kemudian dilanjutkan dengan siapa saja yang
terlibat. Pola yang paling cocok adalah B
3. Pembahasan :
Kutipan cerita rakyat dan hikayat tersebut
memiliki perbedaan isi cerita. Cerita rakyat menceritakan legenda Danau
Toba. Sementara itu, hikayat menceritakan seotrang perempuan yang diminta
membawa tujuh butir bertih dari seorang panglima. Jadi jawabannya adalah E
4.
Pembahasan:
Pada novel pertama, gaya bahasa yang digunakan lugas atau langsung kepada
apa yang ingin diberikan. Pada novel kedua, gaya bahasa yang ditunjukan lebih
di tonjolkan dengan majas majas.
5. Pembahasan:
Pada teks 1 , kosa kata yang digunakan menggunakan kosakata bahasa
indonesia. Sedangkan pada teks 2 banyak digunakan bahasa serapan asing atau
istilah bidang khusus.
48.
Menganalisis hubungan antar unsur intrinsik dalam karya sastra
1.Pembahasan:
Soal diatas menanyakan kalimat yang menunjukkan watak tokoh dalam cerita. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level penalaran. Kompetensi yang diuji adalah mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
Soal diatas menanyakan kalimat yang menunjukkan watak tokoh dalam cerita. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level penalaran. Kompetensi yang diuji adalah mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
2.Pembahasan:
Watak/sifat/karakter tokoh adalah ciri khas sifat tokoh dalam cerita. Watak tokoh Suryono teguh dilihat saat dia bicara pada Trimah, dimana Suryono tidak suka melihat Trimah berjongkok pada majikannya. Suryono memegang teguh prinsipnya bahwa semua manusia punya derajat yang sama di negeri merdeka yang ini. Watak ini dapat dilihat pada percakapan pada paragraf 5
Watak/sifat/karakter tokoh adalah ciri khas sifat tokoh dalam cerita. Watak tokoh Suryono teguh dilihat saat dia bicara pada Trimah, dimana Suryono tidak suka melihat Trimah berjongkok pada majikannya. Suryono memegang teguh prinsipnya bahwa semua manusia punya derajat yang sama di negeri merdeka yang ini. Watak ini dapat dilihat pada percakapan pada paragraf 5
3.Pembahasan:
Pendeskripsian watak seorang tokoh dapat dilakukan secara analitik dan dramatik.
Pendeskripsian watak seorang tokoh dapat dilakukan secara analitik dan dramatik.
- Analitik, karakter
tokoh diceritakan secara langsung oleh penulis.
- Dramatik, karakter
tokoh diceritakan melalui fisik, perilaku, lingkungan kehidupan,
ketatabahasaan tokoh, jalan pikiran tokoh, dan penggambaran oleh toko
lain.
Pendeskripsian watak oleh
Suryono yang teguh pada kutipan tersebut dapat terlihat dalam dialog dengan
Trimah.
4.Pembahasan:
Soal diatas menanyakan cara pendeskripsian watak tokoh dalam pada karya sastra. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji adalah mampu menentukan cara penggambaran watak tokoh dengan tepat.
Soal diatas menanyakan cara pendeskripsian watak tokoh dalam pada karya sastra. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji adalah mampu menentukan cara penggambaran watak tokoh dengan tepat.
Berdasarkan kutipan di atas pendeskripsian watak
tokoh yang bertanggung jawab melalui pikiran tokoh. Kalimat yang menunjukkan
terutama kalimat nomor 2, 3,6 dan 7. Kalimat-kalimat tersebut mengungkapkan
pikiran tokoh cerita.
5.Pembahasan:
Tokoh Mahar yang gesit tampak dari tindakan atau perliaku tokoh, sebagaimana yang tergambar di dalam kalmat (2),(4) dan (5).
Tokoh Mahar yang gesit tampak dari tindakan atau perliaku tokoh, sebagaimana yang tergambar di dalam kalmat (2),(4) dan (5).
49.Menganalisis Bukti latar, dan perwatakan
1. Pembahasan:
Kesamaan
kedua teks diatur yaitu unsur intrinsik yang berhubungan dengan latar (Jawaban
A).
Latar
adalah keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam
karya astra (KBBI). Latar yang dominan pada kedua teks tersebut adalah latar
tempat dan lantar waktu. Pada teks cerpen 1 latar tempat adalah di gang sempit,
di sekolah ini, dan kelas. Latar waktu dalam kutipan cerpen 1 adalah sepuluh
tahun dan tiap pagi. Latar tempat pada kutipan cerpen 2 adalah dekat dengan
sebu8ah pasar, di jalan kampuku, surau tua, dan kolam ikan. Latar waktu pada
kutipan cerpen 2 adalah beberapa tahun yang lalu.
2.Pembahasan:
Bila datang harus waspada, bila ada harus siaga, larilah keluar
Bila datang harus waspada, bila ada harus siaga, larilah keluar
3. Pembahasan:
Bumi
bergoyang tanah bergetar
Larik
ini menggunakan majas personifikasi.
4.. Pembahasan:
Dicantumkannya
alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan dan jangan biarkan limbah
merusak semuanya.
5. Pembahasan:
Perbedaan
karakteristik kedua kutipan novel tersebut terletak pada penggambaran latar
tempatnya. Pada novel 1 latar tempat tidak jelas, sedangkan pada novel 2
penggambaran latar tempatnya jelas.
50. Mengaitkan isi dengan kehidupan
saat ini
1. Pembahasan
:
Amanat termasuk unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. Amanat pada umumnya berisi nilai moral yang berkaitan dengan perilaku dalam kehidupan. Amanat pada kutipan cerpen tersebut adalah pasien harus memiliki kartu berobat (jawaban C). Hal itu dapat diketahui dari pernyataan perawat “Betul Anda pernah kemari?, “yang terakhir kapan? “, dan “Anak lahir, sesudah itu masih periksa lagi apa tidak?”. Dari pernyataan-pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa betapa penting seorang pasien yang berobat memiliki kartu berobat. Dari jawaban pasien pun dapat diketahui bahwa pasien sering berobat. Tentunya pasien memiliki kartu berobat.
Amanat termasuk unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. Amanat pada umumnya berisi nilai moral yang berkaitan dengan perilaku dalam kehidupan. Amanat pada kutipan cerpen tersebut adalah pasien harus memiliki kartu berobat (jawaban C). Hal itu dapat diketahui dari pernyataan perawat “Betul Anda pernah kemari?, “yang terakhir kapan? “, dan “Anak lahir, sesudah itu masih periksa lagi apa tidak?”. Dari pernyataan-pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa betapa penting seorang pasien yang berobat memiliki kartu berobat. Dari jawaban pasien pun dapat diketahui bahwa pasien sering berobat. Tentunya pasien memiliki kartu berobat.
2. Pembahasan
:
Pada teks 1 Joko di olok-olok oleh
temannya karena dia harus membantu orang tuanya bekerja.
3. Pembahasan
:
dalam teks tersebut Mak cik meminta beras kepada orang yang juga kekurangan (miskin). Jadi nilai moralnya adalah membantu orang lain dengan ikhlas.
dalam teks tersebut Mak cik meminta beras kepada orang yang juga kekurangan (miskin). Jadi nilai moralnya adalah membantu orang lain dengan ikhlas.
4. Pembahasan
:
Cerpen tersebut berisi tentang putri raja
yang menyuruh sesukanya kepada pembantu ketika Raja sedang pergi
5. Pembahasan
:
Teks tersebut menjelaskan tentang
sekelompok orang yang yang banyak sedang membaca shalawat secara bersama sama
51. Menilai keunggulan/Kelemahan karya sastra
1. Pembahasan
:
Kelebihan mangunwijaya dalam menggambarkan
latar merupakan masalah yang disoroti dalam resensi tersebut
2. Pembahasan
:
Keunggulan novel tersebut berada pada
kalimat ketiga
3. Pembahasan
:
Keunggulan buku tersebut terdapat pada
kalimat pertama dan kedua
4. Pembahasan
:
Option B merupakan kalimat yang sesuai
dengan kutipan buku pada soal, sehingga menjadi resensi yang baik.
5. Pembahasan
:
Pernyataan buku terletak pada nomor 5
yaitu memiliki ejaan yang baik, tanda baca digunakan dengan baik sesuai
fungsinya masing-masing, dan juga paragraf yang tersusun dengan baik
52.
Membandingkan gaya dan bahasa karya sastra
1. Pembahasan
:
Pada teks 1 terdiri dari 3 orang yaitu
dirinya sendiri, bapak, dan juga flo sedangkan teks ke dua hanya terdiri dari 2
orang saja yaitu aku dan ibu
2. Pembahasan
:
Pada novel pertama menggunakan bahasa yang
biasa (Baku) tidak ada perumpamaan-perumpamaan seperti di novel ke dua yang
menggunakan berbagai macam kata kiasan (majas)
3. Pembahasan
:
Penggalan puisi diatas menggunakan majas
personifikasi. Majas personifikasi adalah yang memberikan sifat, tingkah laku,
perbuatan manusia kepada benda sehingga benda tersebut berbuat seperti manusia.
Busa dan buih putih >> benda selain
manusia
Menuntun >> sifat manusia
4. Pembahasan
:
Pilihan a dan c merupakan kalimat bermajas
personifikasi. Pilihan d merupakan kalimat bermajas hiperbola. Pilihan e
merupakan majas Simile. Pilihan b merupakan Majas Metafora
5. Pembahasan
:
Karena “napasku” pada kalimat ke dua
adalah benda selain manusia, yang digabung dengan “tergopoh” yang merupakan
bagian dari tindakan manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar