Soal UNBK Bahasa Indonesia dan Pembahasan


SOAL UJIAN NASIONAL
40. Membandingkan untuk menentukan perbedaan dan persamaan teks

1. bacalah kedua teks berita berikut!

     Teks Berita I
         Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Imbauan itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00 WIB. Imbauan itu sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan dan warga setempat.

     Teks Berita II
         Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak agar mengusahakan tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar wisatawan datang ke Puncak
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor kepada pengendara roda dua dan roda empat
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor tentang recana penutupan jalur Puncak sore hari
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar pengunjung Puncak tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB
E. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar tidak datang ke Puncak

2. Bacalah kedua teks berita berikut!

      Teks Berita I
         Musim kemarau tahun ini mengalami pergeseran atau kemunduran. Untuk wilayah Sumatera, Sukawesi, dan sebagian Bali musim kemarau diprakirakan baru akan dimulai pada sepuluh hari pertama bulan Juli. Sementara untuk wilayah Jawa, dtangnya musim kemarau bervariasi, mulai dari dasarian ketiga Juni hingga dasarian kedua Juli. Sementara itu, musim kemarau di wilayah Maluku akan dimulai dari dasarian kedua Juli.

     Teks Berita II
         Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya saat ini tengah mengalami krisi air bersih. Krisis air bersih ini terjadi karena musim kemarau melanda daerah tersebut dalam beberapa bulan terakhir. Krisis air bersih ini membuat warga yang berada di seputaran Pantai Cermin, Ujung Pandan, Gampong Paya lebih memprioritaskan air untuk keperluan masak dan minum saja. "Air hanya untuk kebutuhan memasak dan minum," ungkap salah seorang warga, Inur, pada The Globe Journal, selasa (08/10/2013)

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut diawali dengan unsur...
    Teks Berita I    Teks Berita II
A.    apa                  di mana
B.    apa                    siapa
C.    kapan            bagaimana
D.    siapa                kapan
E.     di mana           bagaimana

3. Bacalah dua teks berita berikut

      Teks Berita I
          Seorang pria paruh baya berusia sekitar 40-50 tahun terserempet Kereta Commuter Line di Stasiun Citayam. Pria yang belum diketahui identitasnya tersebut terserempet kereta dari arah Bogor ke Jakarta. Beruntung nyawanya masih tertolong. Korban mengalami luka ringan dan patah kaki. Petugas Stasiun Citayam, Rendi, menuturkan kejadian itu terjadi setar pukul 08.20 WIB. Kejadian berawal saat pria tersebut hendak menuju peron arah bogor.

      Teks Berita II
          Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor - Jakarta menyerempet seorang pria di Stasiun Citayam. Diduga pria paruh baya tersebut berusia 40-50 tahun itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat, seorang saksi mata, Reza Indragiri, mengatakan sebelum kejadian ada sebuah KRL akan berhenti di Stasiun Citayam. Menjelang berhenti, aada orang masih menyebrang rel menuju peron tanpa menghiraukan kemungkinan tertabrak KRL.

Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah...
A. Kondisi pria paruh baya yang terserempet kereta di Stasiun Citayam mengalami luka ringan dan patah kaki
B. Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogo - Jakarta menyerempet seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam
C. Menurut petugas stasiun, kejadian yang menimpa pria paruh baya tersebut terjadi sekitar pukul 08.20 WIB
D. Pria paruh baya yang terserempet KRL itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat
E. Seorang pria paruh baya menaiki KRL di Stasiun Citayam

4. Bacalah dua teks berita berikut!

      Teks Berita I
          Evan Dimas menjadi satu-satunya pemain usia muda yang dipanggil oleh pelatih alfred riedl untuk mengikuti seleksi dalam 23 pemain yang akan melaju ke turnamen AFF Suzuki Cup 2014. Evan Dimas sendiri berpeluang diturunkan pada laga uji coba untuk mengisi lini tengah lapangan juga sangat besar lantaran pemain  yang mengisi posisi ini mengalami cedera.

      Teks Berita II
          Pada menit ke-10, Indonesia akhirnya berhasil unggul lewat gol dari Sergio van Djik. Mantan pemain Persib Bandung itu mampu memanfaatkan kecerobohan dua bek lawan yang gagal mengantisipasi crossing Rizki Rizaldi Pora. Sergio pun melepaskan bola dengan keras sehingga gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Timor Leste.



Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah...
                   Teks Berita I                             Teks Berita II
A.    diawali dengan unsur kapan    diawali dengan unsur bagaimana
B.    diawali dengan unsur apa        diawali dengan unsur siapa
C.    diawali dengan unsur siapa    diawali dengan unsur  kapan
D.    diawali dengan unsur di mana  diawali dengan unsur kapan
E.    diawali dengan unsur apa          diawali dengan unsur kapan

5. Bacalah kedua teks berita berikut
      Teks Berita I
          Provinsi Nusa Tenggara Barat mengalami tiga kali guncangan akibat gempa bumi hari ini (7/8). Gempa terbesar berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) terjadi pada pukul 05.41. Gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami walaupun berada pada kedalaman dangkal.

      Teks Berita II
          Gempa bumi yang melanda NTB ini bukan pertama kali terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Pada 10 Mei 2014 lalu, BMKG juga melaporkan telah terjadi gempa bumi di laut sumbawa dengan kekuatan 5,7 Skala Richter

Perbedaan penyajian kedua teks berita berikut adalah...
A. Teks Berita I diawali unsur berita siapa.
     Teks Berita II diawali unsur berita kapan.
B. Teks Berita I diawali unsur berita apa.
     Teks Berita II diawali unsur berita di mana.
C. Teks Berita I diawali unsur berita di mana.
     Teks Berita II diawali unsur berita apa.

D. Teks Berita I diawali unsur berita mengapa.
     Teks Berita II diawali unsur berita apa.
E.  Teks Berita I diawali unsur berita apa
      Teks Berita II diawali unsur berita  di mana





41. Mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/kias/majas dalam karya sastra
      1. Di bawah ini yang termasuk majas penegasan, kecuali…..
A.      Majas klimaks.
B.       Majas pararelisme.
C.       Majas hiperbola.
D.      Majas retorik.
E.       Majas taulogi.
2. Ayah selalu membawa gudang garam kemanapun ia pergi.
Kalimat dibawah ini yang menggunakan majas yang sama dengan kalimat tersebut adalah…..
A.      Sampai sekarang belum kelihatan batang hidungnya.
B.       Dini menyaksikan peristiwa itu dengan mata kepalanya sendiri.
C.       Bel telah memanggil anak-anak masuk ke kelas.
D.      Pak Rahmad pergi ke kantor dengan naik kijang.
E.       Dewi malam bersembunyi dibalik awan.

3. Bacalah puisi dibawah ini !
Saat dedauanan mulai memanggilmu.
Tersenyum manis kala bersentuhan dengan alam.
Yang tak akan bosan menyapamu.
Awan pun akan menangis merindukan hadirmu.
Majas yang terkandung dalam puisi diatas adalah……
A.  Majas hiperbola.
B.  Majas personifikasi.
C.  Majas pararelisme.
D.  Majas metonimia
E.   Majas perumpamaan.

4. Kalimat yang menggunakan majas metafora adalah…..
A.  Pena menari-nari diatas kertas.
B.  Dewi malam bersembunyi dibalik awan.
C.  Halilintar bersahut-sahutan ditengah derasnya hujan.
D.  Harimau mengaung memecahkan keheningan malam.
E.   Kecantikan gadis itu laksana malaikat tanpa sayap.
5. Bacalah puisi dibawah ini!
Memang salahku.
Buaya darat kepercayai.
Memang tak bisa dipungkiri melati kini telah ternodai.
Memang salahku.
Kepercayai bonglon itu.
Dan tak kusangka dia berpindah warna.
Jenis majas yang ada dalam puisi diatas adalah…..
A.      Majas repetisi.
B.       Majas metafora.
C.       Majas simile.
D.      Majas simbolik.
E.       Majas antiklimaks.






































42. Mengidentifikasi unsur teks sastra
UN 2014/2015 IPA
Cermati penggalan novel berikut!
Baru Wiraatmaja masuk ke rumah, Maria bertanya kepada Yusuf, “Sembahyang jugakah Tuan?”
            “Saya? Ah, bukankah tadi kata Tuan Parta, bahwa agama itu pekerjaan orang yang telah pensiun. Saya pun menanti pensiun dahulu, baru akan sembahyang …”
            Ucapannya itu keluar dari mulutnya dengan senyum. Tetapi Tuti yang dari tadi rupanya menahan perasaannya, segera menyambung dengan mencebil (mencibir), menyatakan rendah pandangannya, “Ya, itulah hakikat yang sebenarnya pada kebanyakan kaum priyayi atau kaum terpelajar. Agama itu akan dikerjakan apabila tak ada suatu apa lagi yang diharapkan dari hidup ini. Jika sudah berputus asa akan hidup, barulah mencari agama. Pada agama diredakannya perasaan takutnya akan mati, yang datang mendekat tiada terelakkan lagi. Tidak perduli ia tidak tahu, apa yang disebut dan diucapkannya, tapi dalam perbuatan yang tidak diketahuinya, yang oleh karena itu baginya mengandung rahasia itu, diredakannya perasaan takutnya akan rahasia mati yang nyata kelihatan kepadanya mengancamnya. Agama yang serupa itu, masakan ia akan dapat menarik pemuda-pemuda yang belum merasa kecemasan akan mati, yang masih penuh harapan menghadapi hidup?”
                        (Layar Terkembang, Sutan Takdir Alisyahbana)
 
           











1. Watak tokoh Yusuf yang dinilai negatif adalah…
A.    tidak peduli terhadap orang-orang di sekitarnya
B.     enggan beribadah karena merasa masih berusia muda
C.     menghindari perbuatan yang tidak bermanfaat
D.    tidak mau mengikuti saram dari siapa pun
E.     selalu merasa cemas akan datangnya kematian

UN 2014/2015 IPA
Bacalah kutipan Sastra Melayu Klasik berikut dengan saksama!
…. Pemburu itu merentangkan jaringnya dan membubuh umpannya berkeliling, kemudian bersembunyilah ia di balik hutan itu.
            Seketika datanglah sekawan burung tekukur, adalah dalam sekawan tekukur itu seorang rajanya. Sekalian tekukur itu singgahlah memakan umpan itu, sekaliannya itu pun terkenalah jaring itu.
            Demi dilihat oleh pemburu itu segala tekukur itu sudah terkena jaring, sukacitalah ia terlalu sangat serta berlari-lari datang hendak menangkap burung itu. Pada kerika itu berkatalah raja tekukur itu kepada segala rakyatnya. “Hai kamu sekalian, dengarlah olehmu bicaraku.
Sementara belum datang pemburu itu, hendaklah kamu sekalian terbangkan jaring itu, supaya kita terlepas daripada bahaya ini.”
            Demi didengar oleh segala tekukur itu akan titah rajanya, sekaliannya  itu pun terbanglah ke udara membawa jarring itu.
            (Hikayat Kalilah dan Damnah)


 
 










2. Nilai sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah…
A.    member makan burung-burung bebas
B.     raja ikut sengsara bersama rakyatnya
C.     menolong sesama dari kesulitan atau bahaya
D.    bersukacita melihat jerat mengena sasaran
E.     mengecoh musuh dengan tipuan

UN 2014/2015 IPA
Bacalah puisi berikut dengan cermat!

Text Box: Berpisah
Bersama-sama bunga digubah
menjadi rangkaian halus pewangi
dan pulang kita bersuka hati
di kala surya terbenam merah
Di jalan simpang kita berpisah
gubahan bunga gemetar di tangan
dan sambil kita berpandangan
jatuh rangkaian dua berbelah 
Ku ambil seutas, setengah lagi
kau pegang erat, dan kau melompat
Di kala senja ku jalan sendiri
hanyalah bunga, kau bawa lari
mengirimkan wanginya ke arahku lagi
(Panca Raya)
















3. Suasana dalam puisi tersebut adalah…
A.    kesedihan
B.     kegembiraan
C.     kekhusyukan
D.    kebahagiaan
E.     ketenangan




UN 2013/2014 IPS
Cermati kutipan novel berikut!
            Muka Kasan Ngali pucat sedikit. Ia menatap buruh itu satu-satu. Dan mereka diam. Kata Kasan Ngali mengakhiri, “Tutup mulut kalian. Tutup!”
            “Kami tak tau apa-apa, Pak”
            “Kami datang sudah begini!”
            “Kalau saja kami tahu!”
Kasan Ngali marah.
            “Tutup, kataku!”
            “Tidak ada yang membantah lagi,” Kasan Ngali member perintah.
            “Tidak usah diurus siapa yang berbuat ini. Tugasu ialah usir semua orang dari pekarangan. Tutup pintu pagar. Jangan seorang dibolehkan lagi ke sini. Kerjakan, jangan bertanya. Aku benci pertanyaan!”
            Buruh buruh itu masih belum bergerak. Belum jelas bagi mereka, bahwa itu memang keputusan Kasan Ngali.
            “Apalagi? Pergi! Kau kira aku tidak waras, ya!”
(Pasar, Kuntowijoyo)
 
 















4. Watak tokoh Kasan Ngali dalam kutipan tersebut adalah…
A.    bimbang
B.     takut
C.     lemah
D.    berani
E.     tegas

5. Pembuktian latar tempat dalam kutipan novel tersebut ditunjukkan dalam kalimat…
A.    Ia menatap buruh itu satu-satu
B.     Kami datang sudah begini
C.     Tugasmu ialah usir semua orang dari pekarangan
D.    Buruh-buruh itu masih belum bergerak
E.     “Pergi! Kau kira aku tidak waras,ya!”


43. Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
UN 2014/2015 IPA
Cermati penggalan novel berikut!
Baru Wiraatmaja masuk ke rumah, Maria bertanya kepada Yusuf, “Sembahyang jugakah Tuan?”
            “Saya? Ah, bukankah tadi kata Tuan Parta, bahwa agama itu pekerjaan orang yang telah pensiun. Saya pun menanti pensiun dahulu, baru akan sembahyang …”
            Ucapannya itu keluar dari mulutnya dengan senyum. Tetapi Tuti yang dari tadi rupanya menahan perasaannya, segera menyambung dengan mencebil (mencibir), menyatakan rendah pandangannya, “Ya, itulah hakikat yang sebenarnya pada kebanyakan kaum priyayi atau kaum terpelajar. Agama itu akan dikerjakan apabila tak ada suatu apa lagi yang diharapkan dari hidup ini. Jika sudah berputus asa akan hidup, barulah mencari agama. Pada agama diredakannya perasaan takutnya akan mati, yang datang mendekat tiada terelakkan lagi. Tidak perduli ia tidak tahu, apa yang disebut dan diucapkannya, tapi dalam perbuatan yang tidak diketahuinya, yang oleh karena itu baginya mengandung rahasia itu, diredakannya perasaan takutnya akan rahasia mati yang nyata kelihatan kepadanya mengancamnya. Agama yang serupa itu, masakan ia akan dapat menarik pemuda-pemuda yang belum merasa kecemasan akan mati, yang masih penuh harapan menghadapi hidup?”
                        (Layar Terkembang, Sutan Takdir Alisyahbana)
 
 












1. Simpulan isi kutipan novel tersebut adalah…
A.    Yusuf tidak dapat menjadi teladan dalam hal beribadah
B.     Orang-orang di sekitar Yusuf tidak taat menjalankan agama
C.     Ketidakpedulian antara orang yang satu dengan yang lain
D.    Ketidakhati-hatian Tuti memberikan nasihat kepada Yusuf
E.     Orang-orang di sekitar Maria sangat sombong dan merasa benar

UN 2014/2015 IPA
…. Pemburu itu merentangkan jaringnya dan membubuh umpannya berkeliling, kemudian bersembunyilah ia di balik hutan itu.
            Seketika datanglah sekawan burung tekukur, adalah dalam sekawan tekukur itu seorang rajanya. Sekalian tekukur itu singgahlah memakan umpan itu, sekaliannya itu pun terkenalah jaring itu.
            Demi dilihat oleh pemburu itu segala tekukur itu sudah terkena jaring, sukacitalah ia terlalu sangat serta berlari-lari datang hendak menangkap burung itu. Pada kerika itu berkatalah raja tekukur itu kepada segala rakyatnya. “Hai kamu sekalian, dengarlah olehmu bicaraku.
Sementara belum datang pemburu itu, hendaklah kamu sekalian terbangkan jaring itu, supaya kita terlepas daripada bahaya ini.”
            Demi didengar oleh segala tekukur itu akan titah rajanya, sekaliannya  itu pun terbanglah ke udara membawa jarring itu.
            (Hikayat Kalilah dan Damnah)


 
Bacalah kutipan Sastra Melayu Klasik berikut dengan saksama!










2. Kemustahilan yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah…
A.    Sekawanan burung tekukur menerbangkan jarring yang berisi teman-temannya yang terjerat
B.     Sekawanan burung tekukur memakan umpan yang ditebarkan pemburu di sekeliling jarring
C.     Dalam sekawanan burung tekukur terdapat seekor burung sebagai rajanya
D.    Raja tekukur ikut terbang bersama rakyatnya dan terjerat jaring pemburu
E.     Seorang mempunyai pikiran yang cerdik untuk melepaskan rakyatnya dari kebinasaan

UN 2014/2015 IPA
Cermati puisi berikut!
Text Box: Aku Ingin

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadi abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikan tiada

(Hujan Bulan Juni, Sapardi Joko Darmono)











3. Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut adalah…
A.    Terasa dalam puisi bahwa si penyair sangat mencintai seseorang
B.     Tidak ada lagi hal-hal yang perlu disampaikan penyair dalam puisi tersebut
C.     Banyak isyarat yang digunakan penyair dalam puisi tersebut
D.    Hanya cinta yang dapat dipersembahkan oleh penyair kepada seseorang
E.     Semua kata yang diucapkan penyair mengandung rasa cinta







UN 2013/2014 IPS
Bacalah puisi berikut dengan cermat!
Text Box: SAJADAH PANJANG

Ada sajadah panjang terbentang
Dari kaki buaian
Sampai ke tepi kuburan hamba
Kuburan hamba bila mati

Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunjuk dan sujud
Di atas sajadah yang panjang ini
Diselingi sekedar interupsi

Mencari rezeki, mencari ilmu
Mengukur jalnan seharian
Begitu terdengar suara azan
Kembali tersungkur hamba

Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan rukuk
Hamba sujud dan tak lepas kening hamba
Mengingat Dikau sepenuhnya
 (Taufik Ismail)





















4. Makna lambang sajadah dalam puisi tersebut adalah…
A.    Kain untuk alas sujud
B.     Kehidupan di dunia
C.     Waktu untuk beribadah
D.    Tempat untuk salat
E.     Kesempatan beramal

5. Maksud bait pertama puisi tersebut adalah…
A.    Ada sajadah yang panjang terbentang dari kita lahir sampai kita mati
B.     Dalam hidup seorang hamba di samping bekerja juga mencari ilmu
C.     Seorang hamba Tuhaan selalu sujud dan tunduk kepada Tuhannya
D.    Perjalanan hidup seseorang dimulai sejak lahir hingga meninggal
E.     Bekerja dan mencari ilmu adalah selingan dalam hidup

44. Menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra
Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda.
          “Kenang-kenangan” oleh Abdul Gani A.K

1.      Amanat dalam penggalan cerpen tersebut adalah:
A.    Jangan cepat menyerah pada keadaan bagaimanapun juga.
B.     Jangan membuang waktu selagi masih ada waktu.
C.     Sebaiknya kita menyesuaikan diri dengan keadaan.
D.    Jangan lupa diri bila menguasai bahasa orang.
E.     Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain.

2.      Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!

(1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. (2) Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. (3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. (4) Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. (5) Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. (6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.

Masalah dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
A.  Pemerintah tidak serius dalam menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik.
B.  Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik memicu konsumsi BBM semakin    
      melonjak.
C. Kemacetan lalu lintas parah terlihat pada setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta.
D. Pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi APBN, tetapi dalam kenyataannya malah    
     sebaliknya.
E.   Pertumbuhan ekonomi terhambat dan terjadi kelangkaan BBM karena pemerintah menaikkan
    harga BBM.



3.      Bacalah kutipan paragraf berikut!
Puluhan hektare tanaman padi yang telah menguning habis dilalap banjir. Puluhan ribu tanaman cabe yang mulai dipetik petani tidak bisa juga terhindar dari ancaman bencana ini, meski area tanaman sedikit lebih tinggi daripada tanaman padi. Bahkan, tanaman sayuran yang berada di lahan satu meter lebih tinggi dan tinggal beberapa hari lagi siap dipanen, juga tergenang air akibat banjir.
Simpulan secara generalisasi yang sesuai dengan paragraf di atas adalah . . . .

A. Banjir kali ini telah memusnahkan tanaman yang siap dipanen.
B. Semua tanaman milik petani tak ada yang tersisa akibat banjir.
C. Puluhan hektare lahan pertanian tergenang air akibat banjir.
D. Lahan pertanian menjadi korban utama dari bencana banjir.
E. Tak terhitung kerugian yang diderita petani akibat bencana banjir.

4.      Bacalah teks berikut dengan seksama !
Teks I
Gadis cantik itu dapat diibaratkan dengan setangkai bunga yang indah dalam jambangan. Banyak orang yang mengagumi dan terpikat sehingga ingin memilikinya dan tidak jemu memandangnya. Ia menjadi pusat perhatian setiap orang yang memandangnya.
Teks II
Kau rembulan malam yang bersinar di antara kegelapan
Menjadi bintang yang benderang di kehampaan malam
Pijaran sinar rembulanmu membawa keteduhan dan kehangatan bagi tubuh yang dingin, lebam
Dirimu satu di antara yang besar dan kekal sepanjang malam
Rembulan, sudikah kau tetap sinari langit di bulan Januari ini?
Kalimat kesimpulan dari kedua isi teks di atas adalah…
A.  Kecantikan bunga dan rembulan yang sukar mengalihkan pandangan mata.
B.  Kekaguman terhadap bunga dan rembulan malam yang memberikan kesan berbeda.
C.  Bunga merupakan lambang cinta kasih yang tulus, sedangkan rembulan lambang kehampaan.
D.  Kecantikan seorang perempuan selalu ditandai atau digambarkan dengan bunga dan rembulan.
E.   Pengungkapan rasa syukur dan pengapresiasian atas kecantikan perempuan melalui pemaknaan.

5.      Bacalah puisi berikut dengan seksama !
Maghrib ini dalam doaku kau menjelma angin yang turun sangat

perlahan dari nun di sana bersijingkat di jalan dan

menyentuh-nyentuhkan pipi dan bibirnya di rambut, dahi,

dan bulu-bulu mataku

Dalam doa malamku kau menjelma denyut jantungku, yang

dengan sabar bersitahan terhadap rasa sakit yang entah

batasnya, yang setia mengusut rahasia demi rahasia, yang tak

putus-putusnya bernyanyi bagi kehidupanku

Aku mencintaimu. Itu sebabnya aku takkan pernah selesai

mendoakan keselamatanmu

(‘Dalam Doaku’, Sapardi Djoko Damono)
Maksud puisi tersebut adalah....
A.    seseorang yang menjelma dalam doa yang ia cintai di setiap waktu
B.     seseorang yang mendoakan orang yang ia cintai di setiap waktu dengan tulus
C.     doa seseorang yang dikabulkan oleh Tuhan karena mendoakan orang yang ia cintai
D.    sebuah doa yang menjelma kebahagiaan yang mendalam
E.     kedamaian dalam berdoa untuk orang yang dicintai



























45. Menginterpretasi hubungan isis sebab/akibat konflik dalam karya sastra
1.      Cermatilah paragraf berikut!

Yanti seorang anak yang rajin dan tekun. Ia rajin mengikuti pelajaran di sekolah. Setiap diadakan diskusi di sekolah, ia sering diminta tampil sebagai pembicara. Rata-rata empat jam sehari ia belajar sendiri di rumah. Bahkan, ia tidak segan-segan bertanya kepada guru jika ada hal-hal yang belum dimengerti, atau belum jelas…..

Kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….

A. Karena itu, tidak heran apabila Yanti meraih juara satu di sekolahnya.

B. Jadi, Yanti mendapat penghargaan yang pantas dari sekolahnya.

C. Oleh karena itu, Yanti sangat dicintai dan dihormati teman-temannya.

D. Makanya Yanti bisa diterima di perguruan tinggi ternama di negeri ini.

E. Sudah sepantasnyalah Yanti mendapat dukungan dari keluarganya.

2.      Bacalah paragraf sebab akibat berikut!

Selokan air di depan rumah kami jarang dibersihkan. Selokan juga dipenuhi barang bekas. Belum lagi sampah banyak dibuang di selokan itu. Warga sekitar juga membiarkan sampah berserakan di jalan. ….

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah….

A. Akibatnya, banyak daerah-daerah yang dilanda banjir besar ketika musim penghujan.

B. Tidak mengherankan jika hujan tiba, daerah tersebut sering dilanda banjir.

C. Tanah rusak dan hasil panen menurun drastis akibat hal itu.

D. Banjir pasti datang saat musim hujan dan warga pun menjadi korban.

E. Jadi, kebersihan dan keasrian lingkungan hidup kita harus dijaga sebaik-baiknya.















3.       

17 18

Konflik dalam keluarga yang muncul dalam kutipan cerpen tersebut adalah…….
A. Kebingungan chaerul memenuhi utang ayahnya
B. Anak-anak tokoh papa memiliki banyak utang
C. Keinginan tokoh papa untuk bertemu amri
D. Chaerul belum melunasi hutangnya
E. Chaerul merasa bersalah karena tokoh papa sakit.

4.      .Bacalah teks berikut ini dengan saksama!

Soetomo lahir di Desa Ngepeh, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada tanggal 30 Juli 1888. Pada waktu kecil pemuda itu oleh ayahnya diberi nama Soebroto. Nama itu kemudian diganti menjadi Soetomo ketika dia mengikuti sekolah rendah Belanda (ELS) di Bangil.
Setelah tamat dari ELS di Bangil, Soetomo melanjutkan studinya ke Jakarta. Ia masuk sekolah kedokteran Jawa yang bernama STOVIA pada tanggal 10 Januari 1903. Pada masa kemahasiswaannya inilah, ia tampil sebagai penggerak utama berdirinya Boedi Oetomo pada bulan Mei 1908.

Pernyataan-pernyataan berikut yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah…..

A. Soetomo lahir di Desa Ngepeh, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Setamat dari ELS di Bangil, ia melanjutkan studinya ke STOVIA di Jakarta. Pada masa kemahasiswaannya itulah ia tampil sebagai penggerak berdirinya Boedi Oetomo.
B. Pada waktu kecil, Soetomo diberi nama Soebroto. Nama itu kemudian diganti menjadi Soetomo untuk melanjutkan sekolah ke STOVIA Jakarta.
C. Soetomo lahir di Desa Ngepah, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Setelah besar ia pindah ke Jakarta untuk menggapai cita-citanya menjadi dokter. Ia mendaftarkan diri sebagai mahasiswa STOVIA dan lulus pada tanggal 10 Januari 1903.
D. Dari sejak sekolah ELS di Bangil, Soetomo sudah bercita-cita menjadi dokter. Ia ingin mengabdikan dirinya sebagai dokter dari satu tempat ke tempat lain di Indonesia.
E. Soetomo lahir pada tanggal 30 Juli 1888. Setamat ELS, ia pindah ke Jakarta dan bersekolah di STOVIA. Ia sangat bangga menjadi pemimpin organisasi modern pertama di Indonesia.

5.      Bacalah penggalan pidato di bawah ini dengan saksama!

Dalam proses komunikasi saya dengan seluruh rakyat Indonesia, baik melalui surat, telepon, maupun SMS, masih sering dirasakan adanya pelayanan yang kurang baik kepada rakyat. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kualitas pelayanan dengan penuh ketulusan, kasih sayang, dan rasa tanggung jawab.
(Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada acara HUT ke-59 Bhayangkara)
Penggalan pidato tersebut bertujuan…

A.  Mengecam kinerja POLRI yang kurang baik.
B.  Memberitahukan kepada rakyat agar menggunakan SMS, surat, maupun telepon dalam berkomunikasi dengan presiden.
C.  Mengimbau agar POLRI meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan penuh tanggung jawab.
D.  Menenangkan hati rakyat dengan cara mengadakan komunikasi melalui surat, telepon, maupun SMS.
E.   Mendorong masyarakat agar membantu POLRI dalam meningkatkan kualitas pelayanan.




























46. Menginterpretasikan nilai

Cermati isi cerpen berikut!
(1) Maka Baginda berangkat ke mahligai maka didapatkanya Tuan Putri lagi duduk diidapnya oleh mak Inang pengasuhnya serta dayangdayang biti-biti pewara sekalian lagi membicarakan perilaku arif bijaksana Baginda itu. (2) Maka Raja Syah Johan pun datang lalu duduk pada sisinya Tuan Putri itu seraya katanya, “Sudahkah Tuan , nyawakakanda santap?” (3) Maka sahut Tuan Putri sambil tersenyum seraya katanya “Sudahkah kakanda, bukan juga beta santap karena lamalah beta akan menantikan kakanda belumjuga kakanda datang itu.” (4) Maka baginda itu pun duduklah dengan Tuan Putri sambil bersenda dan bergurau-gurauan. (5) Maka seketika ituhari pun malam, maka Baginda dan Tuan Putri itu pun masuklah ke peraduan.
1.      Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adakah
A.    Isteri menunggu suami tidak sabar.
B.     Isteri melakukan sesuatu seizin suami.
C.     Isteri yang patuh terhadap suami
D.    Suami-isteri selalu rukun dan bersenda gurau.
E.     Isteri yang di tinggal sendiri oleh suami.

Cermatilah teks berkut!
(1)   “Bung, tolong matikan rokoknya, bus ini akan tambah pengap dengan asap rokok Bung!”
(2)   “Iya, tolong matikan rokoknya,” kata penumpang lain
(3)   Akan tetapi, pemuda itu tenang – tenang saja.
(4)   “Bung tidak dengar, ya?”
(5)   Pemuda itu menatap tajam
(6)   “Peduli apa, Pak. Tak ada larangan merokok dalam bus ini. Apa harus minta permisi dulu untuk merokok,” katanya ketus.
(Asap Asap Rokok, Hidayat M.)

2.      Nilai sosial yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Tidak peduli dengan kepentingan orang lain
B.     Tetap merokok di dalam bus
C.     Marah kepada pemudah perokok
D.    Merasa tidak berdosa
E.     Menjawab pertanyaan dengan ketus

Cermatilah kutipan berikut!

Maka didapatnyalah ketupat yang sudah basi dibuangkan oleh orang pasar itu dengan buku tebu, lalu dimakannya ketupat yang sebiji itu laki-bini. Setelah sudah di makannya ketupat itu, maka baharulah dimakannya buku tebu itu, maka adalah segar sedikit rasanya tubuhnya karena beberapa harinya tiada merasai nasi hendak mati rasanya. Ia hendak meminta ke rumah takut. Jangankan dberi orang barang sesuat, hampir kepada rumah orang barang sesuatu, hampir kepada rumah orang itu pun tidada boleh. Demikianlah hal si miskin itu sehari – hari.
Hatta, maka hari pun petanglah, maka Si miskin pun berjalanlah masuk ke dalam hutan, tempatnya sediakala itu. Di sanalah ia tidur, maka disapunyalah darah yang ditubuhnya tiada boleh keluar karena darah sudah kering. Maka, Si miskin itu pun tidurlah di dalam hutan itu.
                                                                                                                        Hikayat si Miskin

3.      Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah...
A.    Kesengsaraan hidup masyarakat
B.     Pembelaan raja terhadap si Miskin
C.     Ketabahan orang kampong dengan munculnya si Miskin
D.    Ketabahan dalam menapaki kesulitan
E.     Sikap penduduk yang peduli pada si Miskin

Bacalah kutipan hikayat berikut!

Tersebutlah perkataan seorang raja keinderaan yang kena sumpah Batara Indera. Adapun raja itu sekarang hidup laki bini sebagai si Miskin di negeri Antah Berantah yang diperintah oleh Maharaja Indera Dewa. Adapun pekerjaan si Miskin mengelilingi negeri mencari rejeki setia hari adanya. Tetapi ke mana mereka pergi, mereka selalu dilempari orang dengan batu dan kayu. Terpaksalah mereka makan ketupat dan buku tebu yang didapatinya dan timbunan – timbunan sampah. Hatta beberapa lamanya bii si Miskin pu hamillah dan ingin makan mempelam dri raja. Raja Antah Berantah dengan suka memberikan mempelam itu. Beberapa lama kemudian, bini si Miskin ingin makan nangka yang ada di dalam istana pula dan nangka itu pun diberikan juga oleh raja...

4.      Nilai sosial yang terkandung dalam penggalan crita tersebut adalah ...
A.    Kebaikan raja yang hanya bederma untuk orang miskin
B.     Permohonan orang miskin kepada seorang raja
C.     Kurang adanya kepedulian kepada orang miskin
D.    Orang miskin yang selalu menyerah dengan keadaan
E.     Orang miskin mempunyai hubungan yang baik dengan sang raja

Bacalah kutipan berikut!
Sebuah negeri dalam negeri itu ada sebuah kebun terlalu besarnya. Pada suatu pagi datanglah seorang pemburu serta membawa jaring dan panah. Berdirilah ia di tepi kolam itu adalah kelakuannya seperti malaikat maut hendak mengambil nyawa. Demi dilihat sekalian gagak itu, sekaliannya pun berterbanglah. Tinggallah gagak yang bernama si Pandai Terbang bersembunyi hendak melihat bagaimana kelakuan pem-buru itu. Pemburu itu merentangkan jaringannya dan membubuh umpannya berkeliling dan bersembunyilah ia. Seketika datanglah sekawanan burung tekukur dan rajanya. Sekalian tekukur itu singgahlah me-makan umpan itu, sekaliannya itu pun terkenalah jaring. Demi dilihatlah oleh pemburu itu dan sukacitalah ia terlalu sangat dan berlari-lari hendak menangkap burung itu. Pada ketika itu raja dan tekukur menyuruh kepada segala rakyatnya untuk terbang membawa jaring itu, maka sekaliannya itu pun terbang ke udara membawa jaring itu.

5.      Nilai moral yang terdapat dalam teks tersebut adalah...
A.    Tidak memiliki rasa peduli akan nasib orang lain yang sedang menderita
B.     Perilaku raja terukur yang menyelamatkan rakyatnya dari bahaya
C.     Raja terukur menipu rakyatnya untuk keselamatan dirinya
D.    Raja terukur dan pemburu saling membantu dan memberi
E.     Pemburu yang lebih menyayangi burung gagak daripada terkukur.

47. Membandingkan, pola penyajian, karya sastra (unsur intrinsik karya sastra)

Cermatilah teks berikut!
Teks 1
Kehadiran Komet Ikeya-Seki yang dapat dilihat secara mata telanjang dan penampakannya berlangsung berhari-hari membuat beredar isu kala itu bahwa akan terjadi mala petaka besar. Isu itu kian membuat ngeri ketika orang-orang dapat menyaksikan secara jelas ekor Komet Ikeya-Seki yang tampak begitu besar dan seolah- olah akan membelah angkasa.

Teks 2
Gerhana bulan muncul apabila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 titik potong yang disebut node, yaitu titik tempat bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan berposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Seharusnya, jika terjadi gerhana bulan akan diikuti dengan gerhana matahari dan kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari dengan bumi.

1.      Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A.        membahas peristiwa malapetaka di bumi akibat komet
B.        menjelaskan gejala alam yang muncul di malam hari
C.        menguraikan perpindahan bintang atau planet di alam
D.        memperkirakan timbulnya bencana akibat perubahan alam
E.         membicarakan gejala alam yang terjadi di ruang angkasa

Bacalah kedua teks berikut!

Teks Berita I
Penutupan penambangan pasir ilegal di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berdampak pada terpuruknya usaha penjualan pasir di Kabupaten Pamekasan. Sejumlah tempat penjualan pasir hitam dari Pasirian, Kabupaten Lumajang, pun terancam gulung tikar.
"Sekarang stok pasir sudah habis. Sudah tidak ada yang masuk lagi. Banyak pelanggan kecewa karena tidak terlayani," kata Kholiq, pengusaha pasir di Jalan Raya Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (6/10/2015).

    Teks Berita II
Tiga titik penambangan pasir ilegal yang beroperasi di sepanjang Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditutup. Penutupan tersebut dilakukan oleh tim gabungan Polda Jawa Tengah dan Balai Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Serayu Selatan, Rabu (7/10/2015). Penutupan penambangan pasir  tanpa perlawanan. Bahkan, saat dilakukan penutupan, mereka sudah kabur. Diduga penertiban tersebut sudah bocor. Ketiga penambangan pasir ilegal yang ditutup berada di Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, dan Desa Somakaton, Kecamatan Somagede. Penambangan tersebut berada di sepanjang Sungai Serayu.






2.      Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah….
Teks Berita 1
Teks Berita II
A
apa, bagaimana, siapa, di mana, kapan
siapa, apa, bagai­mana, kapan, di mana
B
apa, mengapa, siapa, di mana, kapan
apa, siapa, kapan, bagaimana, di mana
C
siapa, apa, di mana, mengapa, kapan
bagaimana, kapan, siapa, apa, di mana
D
mengapa, siapa, apa, di mana, kapan
siapa, di mana, kapan, bagaimana, apa
E
apa, mengapa, di mana, siapa, kapan
siapa, kapan, mengapa, apa, di mana



Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!

Cerita Rakyat
Pada suatu hari Toba memancing di sungai dekat rumahnya. Ia berharap mendapat ikan besar dan segera dimasaknya untuk dijadikan laut. Tidak lama kemudian, mata kailnya disambar  ikan. Ia melihat seekor ikan besar tersangkut di mata pancingnya. Kemudain, Toba memperhatikan ikan besar yang berhasil ia tangkap. Ikan itu memiliki sisik kuning keemasan. Sisik ikan tampak berkilauan ketika terkena sinar matahari. Toba melepaskan mata kailnya dari mulut ikan tangkapannya. Tiba-tiba terjadi sebuah keajaiban. Ikan aneh bersisik kuning keemasan itu menjelma menjadin seorang perempuan yang cantik.

Hikayat 
Sebermala Panglima Dalung meminta Gadis Cik Inam untuk membawa tujuh butir bertih sebagai bekal selama dalam peti besi. Gadis Cik Inam semakin bingung. Pnglima Dalung tahu Gadis Cik Inam belum memahami maksudnya. Syahdan Pnglima Dalung meneruskan urainnya, kami akan pulang terlebih dahulu ke Tanah Galangan. Kalah Jelantang Api datang kemari, katakana kepadanya bahwa kunci peti besi ada di tangan kami. Supaya dapat membukanya, ia harus mencari kami ke Tanah Galangan . Disanalah kita akan membuat perhitungan dengannya.

3.      Perbedaan penyajian isi cerita kedua kutipan tersebut adalah…

A. Cerita rakyat : Menceritakan kehidupan sehari-hari seorang ibu
     Hikayat         : Menceritakan kehidupan seorang raja di istana
B. Cerita rakyat : Menceritakan kegembiraan
     Hikayat         : Menceritakan kesedihan tokoh dalam cerita
C. Cerita rakyat : Menceritakan perbuatan lucu yang dialami tokoh
     Hikayat         : Menceritakan seorang ibu yang kehilangan empat anaknya
D. Cerita rakyat : Menceritakan sejarah di suatu daerah
     Hikayat         : Menceritakan kehebatan seorang ulama di sebuah daerah
E. Cerita rakyat : Menceritakan perbuatan jahat yang dilakukan tokoh utama
     Hikayat         : Menceritakan perjuangan seorang kepala keluarga mencukupi kebutuhan hidup


Bacalah kedua teks berikut! 
Kutipan Novel 1
Siapa bapaku, demikian pula di mana aku diperanakkan oleh bundaku, tiada kuketahui dengan benar; tetapi antara ada dan tiada, masih terbayang-bayang dalam ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang aku, semasa aku mulai fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapaku, tiadalah lain yang kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi dan lampai, karena jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya, riang rasa semangatku memandang bumi. (suham H.S. percobaan setia, Jakarta, Balai Pustaka, 2011)

Kutipan Novel 2
Malam itu kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di laut, sedang berlayar menuju pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan tiang-tiang tegak, berpandu kompas membelah ombak, angin berharum garam membawa semacam aroma lain yang sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju,  menuju cercah-cercah serupa nyala emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau sekecil itu. (Nukila Akmal, Cala Ibi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2004)

4.      Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah....
A. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, Novel 2 menggunakan ungkapan
B. Novel 1 menggunakan majas, Novel 2 menggunakan bahasa sehari-hari
C. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, novel 2 menggunakan majas
D. Novel 1 menggunakan bahasa resmi, novel 2 menggunakan bahasa populer
E. Novel 1 menggunakan ungkapan, novel 2 menggunakan bahasa melayu
iklan tengah.

Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!

Teks 1
Kita tidak pernah berpikir tentang berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara tercemar dan makanan yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka setiap hari. Kita tidak dapat melihat semua substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang tubuh kita.
Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi tubuh kita (tanpa menggunakan mikroskop)? Cara terbaik adalah melakukan tes urin menggunakan ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir karena itu berarti bahwa Anda mungkin memiliki kebocoran saluran pencernaan.

Teks 2
Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per  tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia maya. 
Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang pria berpakaian ala Ustaz terlihat sedang menggandakan uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis! 
Si Ustaz hanya terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa pria dan seorang wanita dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan. 
Tidak ada keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa video ini nyata dan bukan rekayasa.






5.      Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A
menggunakan kosakata asli bahasa Indonesia
menggunakan kosakata bahasa asing
B
menggunakan bahasa resmi
menggunakan bahasa santai
C
menggunakan bahasa bidang ilmu
menggunakan bahasa sehari-hari
D
menggunakan perumpamaan
menggunakan bahasa lugas
E
menggunakan bahasa lugas
menggunakan bahasa santai






































(1)    “Apa kau bilang?Jodoh?Saya tidak rela kau berjodoh dengan Azrial. Akan saya carikan kau jodoh yang lebih bermartabat!”
(2)    “Apa dia salah kalau ayahnya hanya juru masak?”
(3)    “Jatuh martabar keluarga kita bila laki-laki itu jadi suamimu. Paham kau?”
(4)    “Derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu, seperti sawah tak berpermatang, tak ada yang bisa diandalkan.”
(5)    Tetapi, tidak patut rasanya, Mangkudun memandang Azrial dengan sebelah mata.
(6)    Maka, dengan berat hati Azrial melupakan Ronggogeni.
(7)    Ia hengkang dari kampung, pergi membawa luka hati.
48. Menganalisi hubungan antar unsur intrinsik dalam karya sastra
1. Perhatikan teks berikut ini !
Kalimat yang menunjukkan watak tokoh Mangkudun yang sombong terdapat pada nomor.....
      A. (1) dan (2)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (4)
      D. (5) dan (6)
      E. (6) dan (7)
2. Watak tokoh Suryono dalam kutipan tersebut adalah.........
A.    Teguh
B.     Tegas
C.     Moderat
D.    Feodal
E.     Santun
3. Pendeskripsian watak tokoh tersebut melalui......
A.    Uraian pengarang
B.     Jalan pikiran tokoh
C.     Suasana sekitar tokoh
D.    Dialog antartokoh
E.     Tingkah lakutokoh
4. Pendeskripsian watak tokoh aku yang bertanggung jawab diungkapkan melalui........
A.    Dialog antartokoh
B.     Lingkaran tokoh
C.     Pikiran tokoh
D.    Tanggapan tokoh
E.     Fisik tokoh
5. Bacalah dengan seksama kutipan novel berikut!
            A kiong kembali merogoh sesuatu lari dalam koper dan segera menyerahkan kunir seukuran ibu jari. Tanpa banyak cingcong, Mahar memotong kunir dan dengan gerakan sangat cepat tak sempat kuhindari ia menggerus kunir itu di keningku, melukis tanda silang yang besar. Maka, terpampanglah di keningku huruf X berwarna kuning. Lalu, seperti telah sama-sama paham prosedur berikutnya, tanpa dikomando, A Kiong mengambil dahan-dahan beluntas dari dalam koper, melemparkannya kepada Mahar yang menyambutnya dengan tangkas dan langsung menampar-namparkakan daun-daun itu ke sekujur tubuhku. Sementara Mahar mengibas ibaskan daun beluntas dengan beringas, A Kiong serta-merta menyembur-nyemburkan air ke seluruh tubuhku-termasuk wajah-melalui alat penyemprot bunga sehingga yang terjadi adalah sebuah kekacauan.....
                                                                                                (Laskar Pelangi, Andrea Hirata)
Bahwa tokoh Mahar yang gesit, tidak mengenal belas kasih, dan percaya pada hal-hal gaib dideskripsikan melalui......
A.    Pikiran tokoh
B.     Tindakan tokoh
C.     Bentuk fisik tokoh
D.    Lingkungan tokoh
E.     Uraian langsung tokoh





















49. Menganalisi bukti latar, perwatakan
1. Cermati kedua teks penggalan cerpen berikut untuk menjawab soal!
Teks Cerpen I
Teks Cerpen II
Teman-temannya senang mengolok Joko. Mentang-mentang dia Cuma anak perusak sekolah yang rumahnya dia gang sempit. Sudah sepuluh tahun ibunya bekerja sebagai pembantu di sekolah ini. Untuk membantu ibunya, Joko harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.
Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bis, Tuan akan berhenti di deket pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya arah ke barat, maka kira-kira satu kilometer dari pasar akan sampailah Tuan dijalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, beloklah ke jalan sempit itu. Dan diujung jalan itu nanti Tuan temukan sebuah seruau tua. Didepannya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mamk
 
Kesamaan kedua teks cerpen tersebut yaitu, usur intrinsik yan berhubungan dengan.........
A.    Latar
B.     Alur
C.     Penokohan
D.    Tokoh
E.     Amanat
Bacalah puisi berikut kemudian jawablah soal nomer 2 dan 3!
                      Gempa Bumi
Bumi bergoyanag tanah bergetar
Rumah-rumah tokoh
Orang-orang berlarian
          Gempa bumi
          Bila datang harus waspada
          Bila ada harus siaga
          Larilah keluar rumah
Gempa bumi
Tak dapat dihindari
Berdoalah kepada Tuhan
Agar engkau dilindungi



2. Tema kutipan puisi tersebut adalah......
A.    Korban bencana alam
B.     Lokasi bencana alam
C.     Waspada gempa bumi
D.    Pertanda datang bencana
E.     Peristiwa gempa bumi
3. Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terdapat pada larik......
A.    Pertama bait pertama
B.     Kedua bait pertama
C.     Keempat bait kedua
D.    Ketiga bait ketiga
E.     Kedua bait pertama
4. Bacalah kedua kutipan puisi berikut!
Teks Puisi I
Teks Puisi II
Terima kasih Tuhan
Untuk burung yang berkicauan di pohon
Memuji kebesaran-Mu
Untuk bunga yang merekah
Dan untuk embun yang bersinar di atasnya
Untuk matahari yang cerah
Udara yang sejuk
Untuk semua karunia-Mu
Terlalu indah bagi umat-Mu
Terima kasih Tuhan untuk kehidupan ini
Jangankan biarkan limbah mengaliir
Ke sungaiku yang jernih
Ke pantaiku yang tenang
Ke lautku yang riang
Di sana ada dermaga dan anagin
Tempat nelayan menggenggam harapan
Tempat camar sebelum pulang
Jangan biarkan limbah merusak semuanya

Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah......

Puisi I
Puisi II
A
Mari, kita tingkatkan kepedulian!
Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
B
Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
Harapan menjaga kelestarian lingkungan
C
Harapan menjaga kelestarian alam
Mari, kita tingkatkan kepedulian kepada sesama!
D
Jangan menyia-nyiakan kesempatan
Isi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat!

5. Bacalah kedua kutipan novel berikut!


      Perkakas rumah dan pakaian yang ditinggalkan Si Mina sehelai demi sehelai pindah kerumah gadai.
    Apabila Bertes tidak mabuk dan pikirannya tenang, tersalah olehnya kemiskinan yang dideritanya itu. Ia pun menyesal dan menyalahkan Si Inem seorang perempuan yang pembantah.
Pangeran Purbaya bersama dua istri dan seorang anaknya telah bersembunyi di dalam suatu jurang yang tidak berapa dalamnya. Dengan sangat duka citanya, ia duduk termenung di atas sehelai permadani kecil. Sebuah pelita kecil yang terletak di sudut memberi cahaya yang samar-samar.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah........




A
Latar tempat tidak jelas
Latar tempat  jelas
B
Penggambaran watak tokoh langsung digambarkan oleh pengarangnya
Penggambaran watak tokoh berdasarkan pembicaraan tokoh lain
C
Menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama
Menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
D
Terdapat tiga tokoh utama
Terdapat empat tokoh utama



































50.  Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
1.   Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Ketika Bu Bidan datang dan masuk ke ruang pemeriksaan, perawat pembantu sedang berhadapan dengan seorang pasien. “Betul Anda pernah kemari? Tanya perawat itu sambil mencari kartu di kotak yang padat berisi deretan kertas tebal. “Betul, Bu! “Yang terakhir kapan?” Perempuan di bangku tampak berpikir. Sejak anak saya yang kecil itu!” berhenti sebentar, lalu menambahkan “Sekarang sudah lima tahun umurnya.” “Anak lahir, sesudah itu masih periksa tidak? “Masih. Lalu kami pulang ke desa. Dua tahun atau kurang sedikit.
Warung Bu Sally, Nh. Dini

Amanat yang tersirat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. pasien harus memberikan identitas yang jelas
B. perawat harus teliti dalam mencatat identitas pasien
C. pasien harus memiliki kartu berobat
D. pasien harus memberi keterangan yang jelas
E. pasien jangan terlalu lama kalau berobat

2.   Cermati kedua teks penggalan cerpen berikut!
Teks Cerpen 1
Teks Cerpen 2
Teman-temannya senang mengolok-olok Joko. Mentang-mentang dia Cuma anak pesuruh sekolah yang rumahnya di gang sempit. Sudah sepuluh tahun ibunya bekerja sebagai pembantu di sekolah ini. Untuk membantu ibunya, Joko harus membersihkan kelas setiap satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.
Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumang bis, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkah menyusuri jalan raya arah ke barat, maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah tuan di jalan kampungku.Pada simpang kecil ke kanan, beloklah ke jalan sempit itu. Dan di ujung jalan itu nanti Tuan temukan sebuah surau tua. Di depannya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.

Hal dalam teks 1 yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah ….
A. durhaka kepada orang tua karena tidak mampu
B. menyayangi orang tua walaupun tidak mampu
C. bekerja untuk melanjutkan biaya sekolah
D. bekerja untuk membantu adik-adik sekolah
E. menghina teman karena pekerjaannya orang tua

3.      Perhatikan kutipan novel berikut ini!

Sudah tiga kali Minggu ini Mak Cik datang meminjam beras. Keluarga kami memang miskin tapi Mak Cik lebih tak beruntung. la tak berdaya karena tak lagi dipedulikan suaminya, antara lain karena ia hanya bisa melahirkan anak-anak perempuan itu.
Ibuku memberi isyarat dan Arai melesat ke gudang peregasan. Ia memasukkan beberapa takar beras ke dalam karung, kembali ke pekarangan, memberikan karung beras itu kepada ibuku yang kemudian melungsurkannya kepada Mak Cik. "Ambillah...."
Mak Cik menerimanya dengan canggung dan berat hati. Aku tak sampai hati melihatnya. la berkata terbata-bata, "Tak 'kan mampu kami menggantinya, Kak...."
Lalu Mak Cik menatap Nurmi. Wajahnya menanggungkan perasaan tak sampai hati namun beliau benar-benar tak punya pilihan lain. "Hanya biola ini milik kami yang masih berharga," ucapnya pedih. Nurmi memeluk biolanya kuat-kuat. Air matanya mengalir. la tak rela melepaskan biola itu. "Nurmi.../' panggil ibunya. Nurmi berupaya keras menguat-nguatkan dirinya. la mendekati ibuku. Langkahnya terseret-seret untuk menyerahkan koper biolanya. Air  matanya berurai-urai. Ibuku tersenyum memandangi Nurmi. "Jangan sekali-kali kaupisahkan Nurmi dari biola ini, Maryamah. Kalau berasmu habis, datang lagi ke sini."  (Andrea Hirata, Sang Pemimpi)

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah....
A. Menolong dengan ikhlas orang yang membutuhkan bantuan.
B. mempunyai simpanan makanan untuk dibagikan kepada tetangga.
C. melakukan kewajiban memperhatikan kondisi warga sekitar.
D. mengorbankan semua miliknya demi anak-anaknya.
E. berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan nafkah.

4.      Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Selama sang raja pergi, para puteri semakin nakal dan malas. Mereka sering membentak inang pengasuh dan menyuruh pelayan agar menuruti mereka. Karena sibuk menuruti permintaan para puteri yang rewel itu, pelayan tak sempat membersihkan taman istana. Puteri Kuning sangat sedih melihatnya karena taman adalah tempat kesayangan ayahnya. Tanpa ragu, Puteri Kuning mengambil sapu dan mulai membersihkan taman itu. Daun-daun kering dirontokkannya, rumput liar dicabutnya, dan dahan-dahan pohon dipangkasnya hingga rapi. Semula inang pengasuh melarangnya, namun Puteri Kuning tetap berkeras mengerjakannya.
Kakak-kakak Puteri Kuning yang melihat adiknya menyapu, tertawa keras-keras. "Lihat tampaknya kita punya pelayan baru,"kata seorang diantaranya. "Hai pelayan! Masih ada kotoran nih!" ujar seorang yang lain sambil melemparkan sampah. Taman istana yang sudah rapi, kembali acak-acakan. Puteri Kuning diam saja dan menyapu sampah-sampah itu. Kejadian tersebut terjadi berulang-ulang sampai Puteri Kuning kelelahan. Dalam hati ia bisa merasakan penderitaan para pelayan yang dipaksa mematuhi berbagai perintah kakak-kakaknya.

Nilai dalam cerita rakyat tersebut yang sesuai dengan kehidupan saat ini adalah....
A. menghormati kedua orangtua
B. mendengarkan nasihat orangtua
C. tidak semena-mena kepada orang lain
D. bertindak sesuka hati kepada orang lain
E. tidak mencampuri urusan orang lain






5.      Perhatikan teks dibawah ini !
Pengemis dan Shalawat Badar
Karya Ahmad Tohari

Shalawat itu terus mengalun dan terdengar makin jelas karena tidak ada lagi suara kondektur. Para penumpang membisu dan terlena dalam pikiran masing-masing. Aku pun mulai mengantuk sehingga lama-lama aku tak bisa membedakan mana suara shalawat dan mana deru mesin diesel. Boleh jadi aku seolah berada di alam mimpi dan di sana kulihat ribuan orang membaca shalawat. Anehnya, mereka berjumlah banyak, memiliki rupa yang sama. Mereka semuanya mirip sekali dengan pengemis yang naik dalam bus yang kutumpangi di terminal Cirebon.

Mengaitkan tema cerpen di atas dengan kehidupan sehar-hari adalah…
A. Membaca shalawat dalam perjalanan.
B. Penumpang tertidur.
C. Aku mulai tertidur.
D. Aku bermimpi melihat ribuan orang membaca shalawat.
E. Tokoh bermimpi melihat ribuan orang yang wajahnya sama dengannya.
                         


















51.  Menilai Keunggulan/Kelemahan Karya sastra
1.   Bacalah penggalan resensi berikut!

Betapa apiknya Mangunwijaya menelusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya, Pak Ansana, adalah pecinta alam. Maka, tidak menherankan apabila anaknya, Atik kemudian menjadi ahli biologi. Atik senang buku, ia satu dengan buku. Ia membuat karirnya dengan buku. Keistimewaan Mangunwijaya lagi bahwa ia menampilkan penutur-penutur sesuai dengan tingkat sosial dan lingkungannya.

Masalah yang disoroti dalam penggalan resensi novel di atas adalah….
A. Kelebihan pengarang (Mangunwijaya) dalam menggambarkan latar.
B. Cara Mangunwijaya bercerita dalam novel.
C. Latar belakang kehidupan tokoh Atik.
D. Pemaparan keturunan tokoh Atik.
2.      Bacalah penggalan berikut !

Novel ini membuka nuansa baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaharruan dibidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya, adalah pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria bekerja, aktif di luar rumah dan memajukan kaumnya yang dieakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai teladan di masa sekarang dan para pelajar(tokoh masa depan)

Berdasarkan data buku tersebut jika disusun sebagi kalimat resensi tentang keunggulan novel adalah.....
A. Wajarlah novel Layar Terkembang wajib dibaca oleh para siswa.
B. memang sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia  pendidikan
C. masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel in wajib di dunia Pendidikan.
D. S. takdir Alisayhbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam dunia pendidikan

3.      Cerita  ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan panjang lebar karakter tokoh-tokohnya. Jadi cerita tidak kabur. Sayang pengarang sering mengulang-ulang kata porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah.
Kalimat yang mengungkapkan keunggulan buku adalah...
A. cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan
B. karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.
C. pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan menghalangi
D. cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain

4.      Perhatikan kutipan data buku berikut!
Judul                : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang        : Ismail Pamungkas
Penerbit           : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun              : 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Kalimat resensi yang tepat untuk menggambarkannya adalah . . . .
a. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berpikir keras.
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti.
d. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap
e. Cerita ini kurang menarik karena bahasa yang digunakan terlalu berat sehingga menyulitkan pembaca untuk memaknainya
5.  (1) Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas enam buah cerita. (2) Cerpen tersebut mengisahkan tentang kesaksian revolusi kemerdekaan. Kumpulan cerpen karya Nugroho Notosusanto menampilkan kisah-kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh pengarangnya sendiri. (3) Kumpulan cerpen ini tidak hanya dilihat dari sudur peristiwa yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya, namun dilihat dari isinya yang lebih manusiawai. (4) Pengarangnya sendiri terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan sebagai anggota tentara pelajar.
(5) Buku ini memiliki kelebihan penggunaan ejaan yang baik, tanda baca digunakan dengan baik dan sesuai dengan fungsingya masing-masing, paragraf tersusun dengan baik. (6) Namun banyak menggunakan bahasa yang kurang dimengerti. (7) Buku ini lebih ditujukan kepada pembaca yang pikirannya pernah mengembara ke medan perang.

Pernyataan yang berupa keunggulan buku terdapat pada kalimat nomor ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (7)
E. (1)
52.  Membandingkan gaya dan bahasa karya sastra
1.      Text Box: Kutipan I
Bapak berwajah orang penting tadi berusaha tersenyum ramah. “ini anak saya, Flo,” katanya pelan-pelan. “Dia sudah tidak ingin lagi sekolah di sekolah PN dan sudah membolos dua minggu. Dia bersikeras hanya ingin sekolah di sini.”


Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan saksama!







Text Box: Kutipan II
“Aku sedang belajar, Bu. Doakan aku bisa, ya bu!”. Aku gugup menhadapi ujian pertamaku. Aku tidak ingin mengecewakan ibuku. Sudah saatnya aku belajar dengan kesadaran sendiri tanpa disuruh-suruh ibuku.
 








Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ….
A.
Kutipan I
Kutipan II
B.
Tokoh yang terlibat banyak
Tokoh yang terlihat dua
C.
Sudut pandang dia
Sudut pandang aku
D.
Latar tidak jelas
Latar jelas
E.
Amanat jelas
Amanat tidak jelas

2.      Perhatikan perbandingan teks berikut !
Kutipan Novel 1
Siapa bapaku, demikian pula di mana aku diperanakkan oleh bundaku, tiada kuketahui dengan benar; tetapi antara ada dan tiada, masih terbayang-bayang dalam ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang aku, semasa aku mulai fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapaku, tiadalah lain yang kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi dan lampai, karena jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya, riang rasa semangatku memandang bumi. (suham H.S. percobaan setia, Jakarta, Balai Pustaka, 2011)

Kutipan Novel 2
Malam itu kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di laut, sedang berlayar menuju pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan tiang-tiang tegak, berpandu kompas membelah ombak, angin berharum garam membawa semacam aroma lain yang sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju,  menuju cercah-cercah serupa nyala emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau sekecil itu. (Nukila Akmal, Cala Ibi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2004)



Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah....
A. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, Novel 2 menggunakan ungkapan
B. Novel 1 menggunakan majas, Novel 2 menggunakan bahasa sehari-hari
C. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, novel 2 menggunakan majas
D. Novel 1 menggunakan bahasa resmi, novel 2 menggunakan bahasa populer
E. Novel 1 menggunakan ungkapan, novel 2 menggunakan bahasa melayu

3.      Bacalah teks berikut
Epos laut
Busa dan buih putih
Menununtun gulungan ombak
Mengendap pasir putih Pantai
Busa dan buih putih 
Menuntun lelaki pelaut
Pulang dari kemenangan di laut

Majas yang mendominasi penggalan puisi tersebut adalah ………..
a.    Metafora
b.    Hiperbola
c.    Repetisi
d.    Personifikasi
e.    Pleonasme

4.      Kalimat yang menggunakan majas metafora adalah…
a.    Pena menari-nari diatas kertas.
b.    Dewi malam bersembunyi dibalik awan.
c.    Halilitntar bersahut-sahutan ditengah derasnya hujan.
d.    Harimau mengaung memecahkan keheningan malam.
e.    Kecantikan gadis itu laksana malaikat tanpa sayap. 

5.      Bacalah puisi berikut !
Karya: Mardi Luhung
Ketika kau tertidur napas halusmu melayang menebus jalusi
Dan napasku yang tergopoh pun menyusulnya
Agar dapat menjaganya sampai nanti kau terbangun ….

Puisi di atas menggunakan majas ....
A. metafora
B. tautologi
C. simbolik
D. paradoks
E. personifikasi


















PEMBAHASAN
40. Membandingkan untuk menentukan perbedaan dan persamaan teks
1. Pembahasan :
Dilihat kata yang digarisbawahi pada kedua teks diatas, kedua teks tersebut memiliki penyajian yang berbeda namun inti atau maksud dari berita tersebut sama yaitu himbauan Kasat Lalu lintas Polres Bogor kepada pengunjung/pelancong agar tiba di Puncak sebelum pukul 13.00 WIB. Pilihan A dan salah karena tidak dijelaskan pada kedua teks diatas. Pilihan B dan C salah karena tidak terdapat pada kedua teks diatas.
2. Pembahasan :
Perbedaan tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W+1H. Setiap kalimat merupakan jawaban atas satu pertanyaan. Teks Berita I diawali unsur apa (musim kemarau). Sementara itu, Teks Berita II diawali unsur berita di mana (Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya). Pilihan B salah karena hanya jawaban Teks Berita I yang tepat yaitu apa sedangkan jawaban Teks Berita II salah. Pilihan C dan D salah karena tidak sesuai dengan kalimat awal kedua teks diatas.
3. Pembahasan :
Mengapa? lihat lagi kalimat yang digarisbawahi pada kedua teks berita I dan II. Inti dari berita tersebut adalah Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogo - Jakarta menyerempet seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam. Pilihan A salah karena kondisi pria paruh baya hanya terdapat pada Teks Berita I. Pilihan B salah karena kejadian yang menimpa paruh baya hanya terdapat pada Teks Berita I. Pilihan D salah karena pria paruh baya yang terserempet KRL nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat hanya terdapat pada Teks Berita II.
4.   Pembahasan :
Teks Berita I diawali unsur siapa (evan dimas) dan Teks Berita II diawali unsur kapan (pada menit ke-10). Pilihan A dan B salah karena tidak sesuai dengan kalimat awal kedua teks diatas. pilihan D salah walaupun jawaban Teks Berita II benar, yaitu (kapan) tetapi jawaban Teks Berita I salah yaitu (dimana)
5.    Pembahasan:
Teks Berita I diawali unsur di mana (Provinsi Nusa Tenggara Barat). Teks Berita II diawali unsur apa (Gempa Bumi). pilihan A, B, dan D tidak sesuai dengan kalimat awal kedua teks berita diatas.








41. Mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/kias/majas dalam karya sastra
1. Pembahasan :
Majas penegasan adalah kata-kata berkias yang menyatakan penegasan untuk meningkatkan kesan dan pengaruhnya terhadap pendengar ataupun pembaca. Dalam soal diatas yang termasuk majas penegasan adalah majas klimaks, majas pararelisme, majas retorik, majas taulogi. Nah majas hierbola termasuk dalam golongan majas perbandingan yaitu kata-kata berkias yang menyatakan perbandingan untuk meningkatkan kesan dan pengaruhnya terhadap pendengar atau pembaca.
2. Pembahasan :
Kalimat dalam soal adalah menunjukkan jenis majas metonimia adalah majas yang menggunakan ciri atau lebel dari sebuah benda untuk menggantikan benda tersebut.Pengungkapan tersebut berupa penggunaan nama untuk benda lain yang menjadi merek, ciri khas, atau atribut. Jadi dari kalimat pada jawaban yang sudah disediakan yang juga menggunakan majas metonimia adalah Pak Rahmad pergi ke kantor dengan naik kijang. Naik kijang disini artinya menggunakan mobil bermerek kijang.
3. Pembahasan :
Dari puisi diatas tepatnya dalam baris ke tiga isinya “Yang tak akan bosan menyapamu” yaitu ketika dedaunan dapat menyapa seperti apa yang manusia lakukan. Termasuk ke dalam majas personifikasi.
4. Pembahasan
Majas metafora adalah majas yang mengungkapkan ungkapan secara langsung berupa perbandingan analogis. Nah dalam pilihan diatas yang membandingan secara langsung adalah “Kecantikan gadis itu laksana malaikat tanpa sayap” saking cantiknya bagaikan malaikat tanpa sayap.
5. Pembahasan :
Majas simbolik adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan mempergunakan benda, binatang, atau tumbuhan sebagai simbol atau lambang. Dari puisi diatas disebutkan “buaya darat kupercayai” itu merupakan perumpamaan sesorang seperti buaya yang tidak setia dengan pasangannya.











42. Mengidentifikasi unsur teks sastra
1. Watak tokoh Yusuf yang dinilai negatif terdapat pada ucapannya pada paragraf kedua yaitu “Saya? Ah, bukankah tadi kata Tuan Parta, bahwa agama itu pekerjaan orang yang telah pensiun. Saya pun menanti pensiun dahulu, baru akan sembahyang …”. Pada kalimat itu dapat dilihat bahwa ia enggan beribadah karena merasa masih berusia muda
Jawaban : B

2. Terlihat raja tekukur memiliki siasat bagus untuk menyelamatkan burung tekukur yang terjerat jaring dengan menyuruh burung tekukur yang lain terbang bersama jaring yang berisi kawanan burung tekukur. Hal yang dilakukan raja tekukur memiliki nilai sosial yaitu menolong sesama dari kesulitan atau bahaya
Jawaban : C

3. Puisi tersebut menceritakan 2 insan yang sebelumnya bersama namun akhirnya berpisah dan akhirnya ia seorang sendiri dengan kenangan sebuah bunga yang masih ia pegang erat. Sehingga suasana dalam puisi tersebut adalah sedih.
Jawaban : A
4. Dari cara bicara Kasan Ngali terlihat sifat tegas yang ditunjukkan dengan memerintahkan buruh-buruh tersebut dengan lantang.
Jawaban : E
5. Bukti latar tempat terlihat pada paragraf ke tujuh kalimat ke dua yaitu “Tugasmu ialah usir semua orang dari pekarangan”
Jawaban : C


43. Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
1. Ditandai dengan perkataan Yusuf yaitu “Saya? Ah, bukankah tadi kata Tuan Parta, bahwa agama itu pekerjaan orang yang telah pensiun. Saya pun menanti pensiun dahulu, baru akan sembahyang …”
Jawaban : A
2. Kemustahilan yang terdapat dalam kutipan adalah Sekawanan burung tekukur menerbangkan jaring yang berisi teman-temannya yag terjerat karena itu akan menyakiti bulu sayap burung tersebut.
Jawaban : A
3. Diksi kata yang dipilih penyair sangat terasa bahwa penyair begitu mencintai seseorang yang tidak bisa diungkapkan oleh penyair kepada dia yang dicintai penyair
Jawaban : A
4. Makna sajadah adalah kain untuk alas sujud ditandai dalam puisi yaitu “Hamba tunjuk dan sujud”
Jawaban : A
5. Ada sajadah yang panjang terbentang dari kita lahir sampai kita mati memiliki maksud perjalanan hidup seseorang dimulai sejak lahir hingga meninggal
Jawaban :  D







44. Menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra

6.    Pembahasan : dari cerpen tersebut diketahui tersirat bahwa penulis ingin berusaha menjadi, orang belanda dan melupakan kampung halamannya.

7.    Pembahasan : dijelaskan pada kalimat pertama pemerintah tidak serius dalam hal penyedia infraksruktur dan transportasi publik di Indonesia.

8.    Pembahasan : pada paragraf tersebut ditekankan bahwa banjir memusnahkan puluhan ribu tanaman cabe yang di panen oleh para petani.

9.    Pembahasan : dua teks tersebut menceritakan tentang kecantikan seorang perempuan yang di ibaratkan seperti seorang rembulan

10.              Pembahasan : terdapat hampir disetiap kalimatnya bahwa puisi ini adalah sebuah doa dan dibalut dengan bahasa bahasa romantis, jadi doa yang selalu diucapkan tulus untuk orang yang dicintai.
.
45. Menginterpretasi hubungan isi sebab/akibat konflik dalam karya sastra
  1. Pembahasan :dalam teks dijelaskan bahwa Yanti adalah seorang anak yang rajin dan tekun, dan ia sering diminta untuk tampil didepan umum, jadi sudah bisa dipastikan Yanti meraih juara di sekolahnya, karena usaha tidak akan terjadi secara sia sia.
  2. Pembahasan : di dalam teks dijelaskan bahwa warga sekitar serung sekali membuang sampah sembarangan dan membiarkan sampah tersebut di jalan. Jadi akibat yang akan ditimbulkan adalah daerah tersebut pasti akan dilanda banjir saat musim penghujan karena sampah tersebut.
  3. Pembahasan : karena dijelaskan pada kalimat akhir bahwa “pembayaran utang abang benar-benar di tunggu karena kami mulai kekurangan dana”
  4.  Pembahasan : karena option A sesuai dengan apa yang terdapat dalam teks
  5. Pembahasan : terdapat pada kalimat terakhir yang menekankan bahwa POLRI harus meningkatkan lualitas pelayanan dengan penuh  ketulusan, kasih sayang, dan tanggung jawab.









46. Menginterpretasi nilai
1.    Dalam sastra melayu klasik terdapat unsur – unsur ekstrinsik dama halnya dengan cerpen atau novel. Salah satu nilai yang terdapat dalam sastra meayu klasik adalah nilai mora..
Jawaban B.

2.    Nilai sosial adalah nilai yang diambil berdasarkan lingkungan sosial. Dalam teks tersebut, lingkungan sosial yang terjadi merujuk kepada kepentingan pribadi yang akan menimbulkan konflik. Maka jawaban yang menunjukan nilai sosial adalah A.

3.    Dalam hikayat tersebut, diceritakan tentang kesusahan si Miskin dalam mendapatkan makanan, sampai ia harus mengambil keetupat bekas yang dibuang oleh orang – orang di pasar. Namun ia tetap tabah akan cobaan yang di dapatnya. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah D.

4.   Nilai sosial merupakan nilai yang merajuk kepada kepedulian sesama yang terkandung dalam teks tersebut dan menimbulkan suatu konflik. Nilai mengenai kepedulian sesama terdapat pada jawaban C. Kurang adanya kepedulian kepada orang miskin

5.    Nilai moral yang terdapat dalam teks tersebut merupakan nilai yang menyampaikan perilaku seorang raja terhadap rakyatnya. Maka jawaban yang tepat adalah B. Perilaku raja terukur yang menyelamatkan rakyatnya dari bahaya.

47. Membandingkan, Pola penyajian, karya sastra (unsur intrinsik dan ekstrinsik)
1.    Pembahasan :
Persamaan kedua teks tersebut adalah membicarakan gejala alam yang terjadi di ruang angkasa (Jawaban E).

2.    Pembahasan:
Pola penyajian pada teks sesuai dengan maksud utama apa yang dituliskan.Pada teks pertama langsung dibuka oleh apa kejadiannya ,kemudian dilanjutkan dengan mengapa kejadian tersebut terjadi.sedangkan teks 2 dimulai dengan kejadian apa, kemudian dilanjutkan dengan siapa saja yang terlibat. Pola yang paling cocok adalah B

3.    Pembahasan :
Kutipan cerita rakyat dan hikayat tersebut memiliki perbedaan isi cerita. Cerita rakyat menceritakan legenda Danau  Toba. Sementara itu, hikayat menceritakan seotrang perempuan yang diminta membawa tujuh butir bertih dari seorang panglima. Jadi jawabannya adalah E

4.    Pembahasan:
Pada novel pertama, gaya bahasa yang digunakan lugas atau langsung kepada apa yang ingin diberikan. Pada novel kedua, gaya bahasa yang ditunjukan lebih di tonjolkan dengan majas majas. 

5.    Pembahasan:
Pada teks 1 , kosa kata yang digunakan menggunakan kosakata bahasa indonesia. Sedangkan pada teks 2 banyak digunakan bahasa serapan asing atau istilah bidang khusus.

48. Menganalisis hubungan antar unsur intrinsik dalam karya sastra
1.Pembahasan:
Soal diatas menanyakan kalimat yang menunjukkan watak tokoh dalam cerita. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level penalaran. Kompetensi yang diuji adalah mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
2.Pembahasan:
Watak/sifat/karakter tokoh adalah ciri khas sifat tokoh dalam cerita. Watak tokoh Suryono teguh dilihat saat dia bicara pada Trimah, dimana Suryono tidak suka melihat Trimah berjongkok pada majikannya. Suryono memegang teguh prinsipnya bahwa semua manusia punya derajat yang sama di negeri merdeka yang ini. Watak ini dapat dilihat pada percakapan pada paragraf 5
3.Pembahasan:
Pendeskripsian watak seorang tokoh dapat dilakukan secara analitik dan dramatik.
  • Analitik, karakter tokoh diceritakan secara langsung oleh penulis.
  • Dramatik, karakter tokoh diceritakan melalui fisik, perilaku, lingkungan kehidupan, ketatabahasaan tokoh, jalan pikiran tokoh, dan penggambaran oleh toko lain.
Pendeskripsian watak oleh Suryono yang teguh pada kutipan tersebut dapat terlihat dalam dialog dengan Trimah.
4.Pembahasan:
Soal diatas menanyakan cara pendeskripsian watak tokoh dalam pada karya sastra. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji adalah mampu menentukan cara penggambaran watak tokoh dengan tepat.
Berdasarkan kutipan di atas pendeskripsian watak tokoh yang bertanggung jawab melalui pikiran tokoh. Kalimat yang menunjukkan terutama kalimat nomor 2, 3,6 dan 7. Kalimat-kalimat tersebut mengungkapkan pikiran tokoh cerita.
5.Pembahasan:
Tokoh Mahar yang gesit tampak dari tindakan atau perliaku tokoh, sebagaimana yang tergambar di dalam kalmat (2),(4) dan (5).








49.Menganalisis Bukti latar, dan perwatakan
1. Pembahasan:
Kesamaan kedua teks diatur yaitu unsur intrinsik yang berhubungan dengan latar (Jawaban A).
Latar adalah keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam karya astra (KBBI). Latar yang dominan pada kedua teks tersebut adalah latar tempat dan lantar waktu. Pada teks cerpen 1 latar tempat adalah di gang sempit, di sekolah ini, dan kelas. Latar waktu dalam kutipan cerpen 1 adalah sepuluh tahun dan tiap pagi. Latar tempat pada kutipan cerpen 2 adalah dekat dengan sebu8ah pasar, di jalan kampuku, surau tua, dan kolam ikan. Latar waktu pada kutipan cerpen 2 adalah beberapa tahun yang lalu.
2.Pembahasan:
    Bila datang harus waspada, bila ada harus siaga, larilah keluar
3. Pembahasan:
Bumi bergoyang tanah bergetar
Larik ini menggunakan majas personifikasi.
4.. Pembahasan:
Dicantumkannya alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan dan jangan biarkan limbah merusak semuanya.
5. Pembahasan:
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut terletak pada penggambaran latar tempatnya. Pada novel 1 latar tempat tidak jelas, sedangkan pada novel 2 penggambaran latar tempatnya jelas.













50. Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
1.      Pembahasan :
Amanat termasuk unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. Amanat pada umumnya berisi nilai moral yang berkaitan dengan perilaku dalam kehidupan. Amanat pada kutipan cerpen tersebut adalah pasien harus memiliki kartu berobat (jawaban C). Hal itu dapat diketahui dari pernyataan perawat “Betul Anda pernah kemari?, “yang terakhir kapan? “, dan “Anak lahir, sesudah itu masih periksa lagi apa tidak?”. Dari pernyataan-pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa betapa penting seorang pasien yang berobat memiliki kartu berobat. Dari jawaban pasien pun dapat diketahui bahwa pasien sering berobat. Tentunya pasien memiliki kartu berobat.

2.      Pembahasan :
Pada teks 1 Joko di olok-olok oleh temannya karena dia harus membantu orang tuanya bekerja.

3.      Pembahasan :
dalam teks tersebut Mak cik meminta beras kepada orang yang juga kekurangan (miskin). Jadi nilai moralnya adalah membantu orang lain dengan ikhlas.

4.      Pembahasan :
Cerpen tersebut berisi tentang putri raja yang menyuruh sesukanya kepada pembantu ketika Raja sedang pergi

5.      Pembahasan :
Teks tersebut menjelaskan tentang sekelompok orang yang yang banyak sedang membaca shalawat secara bersama sama

51.  Menilai keunggulan/Kelemahan karya sastra
1.      Pembahasan :
Kelebihan mangunwijaya dalam menggambarkan latar merupakan masalah yang disoroti dalam resensi tersebut
2.      Pembahasan :
Keunggulan novel tersebut berada pada kalimat ketiga
3.      Pembahasan :
Keunggulan buku tersebut terdapat pada kalimat pertama dan kedua
4.      Pembahasan :
Option B merupakan kalimat yang sesuai dengan kutipan buku pada soal, sehingga menjadi resensi yang baik.
5.      Pembahasan :
Pernyataan buku terletak pada nomor 5 yaitu memiliki ejaan yang baik, tanda baca digunakan dengan baik sesuai fungsinya masing-masing, dan juga paragraf yang tersusun dengan baik






52. Membandingkan gaya dan bahasa karya sastra
1.      Pembahasan :
Pada teks 1 terdiri dari 3 orang yaitu dirinya sendiri, bapak, dan juga flo sedangkan teks ke dua hanya terdiri dari 2 orang saja yaitu aku dan ibu
2.      Pembahasan :
Pada novel pertama menggunakan bahasa yang biasa (Baku) tidak ada perumpamaan-perumpamaan seperti di novel ke dua yang menggunakan berbagai macam kata kiasan (majas)
3.      Pembahasan :
Penggalan puisi diatas menggunakan majas personifikasi. Majas personifikasi adalah yang memberikan sifat, tingkah laku, perbuatan manusia kepada benda sehingga benda tersebut berbuat seperti manusia.
Busa dan buih putih >> benda selain manusia
Menuntun >> sifat manusia
4.      Pembahasan :
Pilihan a dan c merupakan kalimat bermajas personifikasi. Pilihan d merupakan kalimat bermajas hiperbola. Pilihan e merupakan majas Simile. Pilihan b merupakan Majas Metafora
5.      Pembahasan :
Karena “napasku” pada kalimat ke dua adalah benda selain manusia, yang digabung dengan “tergopoh” yang merupakan bagian dari tindakan manusia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal UNBK Materi Teks Explanasi