Contoh Makalah : Solusi Pangan di Bengkulu


Solusi Permasalahan Pangan di Bengkulu

Hasil gambar untuk Provinsi Bengkulu

Muhammad Khanafi 119340030/37                           : Gubernur
Bagus Gelorawan S 119280093/43                             : Dinas Pendidikan
Muhammad Fakhri Ihsan 11930142/14                     : Dinas Lingkungan Hidup dan
                                                                                                  Kehutanan
Richart Arfandi Sirait 119130062/8                             : Dinas Sistem Energi dan SDM
Almiryam Dakhi 119310030/51                                               : Sekretaris Daerah
Agung Pratistia 119310062/52                                     : Dinas Ketahanan Pangan
Muh. Raffi Azzam R 119370119/64                             : Dinas Sosial dan
                                                                                                   Perekonomian
Muhammad Raihan 119130098/5                               : Dinas Kependudukan dan
                                                                                                  Catatan Sipil

Abstrak

Pangan merupakan sumber bahan pokok yang harus dipunya oleh setiap makhluk. Setiap makhluk pasti butuh pangan. Pangan adalah lini yang sangat rentan pada rantai kebutuhan sosial di masyarakat.
Pangan pada Provinsi Bengkulu sendiri masih banyak terjadi kekurangan. Sebagian keluarga pada Provinsi Bengkulu masih banyak yang belum terpenuhi pangan nya setiap harinya. Permasalahan Pangan tersebut antara lain harga yang mahal dan akses untuk ke desa kecil yang sulit. Selain itu pangan juga berkaitan dengan industri pertanian. Kualitas pangan pada Provinsi Bengkulu sendiri masih kurang dari kata cukup.
Solusi yang terbaik adalah dengan mengadakan suatu pasar yang menjual kebutuhan dengan harga yang murah , selain itu memperbaiki kualitas pupuk, mutu pangan, dan pengelolaan lahan lahan pertanian.


1.    Pendahuluan

Bengkulu merupakan provinsi yang masih banyak permasalahannya di bidang pangan. Permasalahan tersebut ada yang disebabkan oleh pemerintah dan ada juga yang disebabkan oleh masyarakat.
Permasalahan pertama adalah alih fungsi lahan, lahan pada provinsi bengkulu memilki banyak permasalahan masalah yang paling krusial adalah lahan sering kali di alih fungsikan sebagai lahan untuk pabrik, perumahan ataupun pusat perbelanjaan.
Selain itu harga komoditas tanaman pangan seringkali terjadi lonjakan harga yang tidak masuk akal yang disebabkan oleh para pedagang yang menaikan harga dengan semena-mena.
Masalah selanjutnya adalah infrastruktur yang kurang pada provinsi bengkulu masih terbatasnya alat alat untuk menanam dengan teknologi modern. Mayoritas pertanian masih mengandalkan teknologi teknologi tua.
Masalah terakhir adalah laju pertumbuhan penduduk yang semakin melonjak tajam. Banyaknya manusia tidak sebanding dengan naiknya pangan. Justru sebaiknya makin menurun hal ini disebabkan karena laju pertumbuhan penduduk yang tinggi

2.    Pembahasan


Solusi yang baik menurut pemerintah kami untuk Provinsi Bengkulu adalah
Pertama melakukan bazzar murah dengan menjual pangan dengan harga murah tetapi kualitas baik, bazar bisa dilakukan dengan berkeliling dari tempat satu ke tempat lainnya dan dilakukan dengan rutin dapat seminggu sekali ataupun sebulan sekali.
      Kedua adalah meningkatkan pengelolaan lahan pangan dengan memanfaatkan lahan kososng, selain itu juga dengan meningkatkan kualitas dari masyarakat dan teknologinya dengan sosialisasikan cara menananm yang baik dan cara untuk menghasilkan kualitas yang baik.
      Ketiga meningkatkan kualitas mutu pangan dengan memberikan bantuan dan mengontrol kualitas padi setiap panen dengan begitu dapat terjaga kualitas mutu yang baik
      Yang terakhir  adalah meningkatkan mutu pupuk dengan membuat pupuk kompos dengan mensosialisasikan kepada petani cara dan trik yang bagus untuk menghasilkan pupuk dnegan kualitas baik.



3.    Kesimpulan

 

Kesimpulan dari makalah kami cara yang terbaik untuk memperbaiki pangan pada provinsi bengkulu adalah :
1.     Melakukan bazzar murah dengan menjual pangan dengan harga murah
2.     Meningkatkan pengelolaan lahan pangan
3.     Meningkatkan hasil mutu pangan
4.       Meningkatkan mutu pupuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal UNBK Materi Teks Explanasi