Contoh Makalah : solusi permasalahan pendidikan di bengkulu


Solusi Permasalahan Pendidikan di Bengkulu

Hasil gambar untuk Provinsi Bengkulu

Muhammad Khanafi 119340030/37                    : Gubernur
Bagus Gelorawan S 119280093/43                      : Dinas Pendidikan
Muhammad Fakhri Ihsan 11930142/14               : Dinas Lingkungan Hidup  
                                                                               dan Kehutanan
Richart Arfandi Sirait 119130062/8                    : Dinas Sistem Energi dan
                                                                               SDM
Almiryam Dakhi 119310030/51                                    : Sekretaris Daerah
Agung Pratistia 119310062/52                                      : Dinas Ketahanan Pangan
Muh. Raffi Azzam R 119370119/64                    : Dinas Sosial dan
                                                                                Perekonomian
Muhammad Raihan 119130098/5                        : Dinas Kependudukan dan
                                                                               Catatan Sipil



Daftar Isi



Abstrak

Permasalahan pendidikan di provinsi bengkulu antara lain adalah pendidikan yang belum merata, kurangnya kesadaran pendidikan, faktor pendidikan, faktor pengajar, dan kurangnya infrastruktur. Solusi yang menurut kelompok Provinsi Bengkulu baik adalah dengan mensubsubisdikan biaya pendidikan agar masyarakat miskin dapat bersekolah. Selain itu dapat pemenuhan SDM pendidikan dalam setiap jenjang pendidikan baik SD, SMP, dan SMA. Dan yang terakhir adalah menyediakan sekolah pada setiap daerah daerah terpencil atau yang belum memilki sekolah, dan meningkatkan kualitas infrastruktur.

1.    Pendahuluan

Permasalahan pendidikan adalah permasalahan yang bukan hanya terjadi pada Provinsi Bengkulu tetapi juga pada Indonesia. Pendidikan adalah masalah yang digembor gemborkan dalam Indonesia setiap harinya.
Permasalahan pendidikan pada Provinsi Bengkulu itu sendiri adalah belum meratanya pendidikan untuk semua masyarakatnya. Dalam ketersediaan sekolah SMA saja masih terdapat 25 kecamatan yang belum memilikinya yang dimana seharusnya kalau dilihat dari kiblat pendidikan provinsi di Indonesia yakni jakarta, seharusnya terdapat minimal satu SMA dalam setiap kelurahan.
Selain itu kurangnya kesadaran pentingnya pendidikan karena masih banyak masyarakat indonesia yang merasa untuk apa sekolah sedangkan mayoritas ilmu dalam sekolah tidak berguna untuk kehidupan mereka setiap harinya dalam mencari makan untuk bertahan hidup
Masalah selanjutnya adalah faktor ekonomi. Ekonomi adaalah hal yang menjadi penghambat masyarakat Bengkulu yakni dimana yang kami bahas diatas, masyarakat lebih memilih untuk mencari uang dibandingkan sekolah mereka masih menganggap bahwa masyarakat tidak perlu sekolah untuk mencari uang. Dan selain itu Provinsi bengkulu merupakan Provinsi yang dihuni pleh masyarakat menengah kebawah sehingga pemahaman mayoritas dari masyarakatnya tidak mementingkan pendidikan untuk hidp mereka.
Selain itu juga faktor pengajar yang kurang dimana para pengajar hanya terpusat pada kota kota besar di Bengkulu sedangkan untuk kota kota yang masih tertinggal kekurangan tenaga pendidik sehingga masyarakat masih memilih untuk tidak bersekolah karena biaya yang mahal.
Kurnangnya infrastruktur, baik pada sekolah yang sudah ada maupun ketersediaan sekolah yang sudah dibahas diatas.



2.    Pembahasan

Berdasarkan hasil diskusi kami permasalahan yang baik untuk pendidikan pada Provinsi Bengkulu adalah dengan perbaikan dalam segala lini, baik lini benda, SDM dan regulasi.
Pendidikan harus dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia. Pendidikan harus didapat walaupun orang tersebut memiliki perekonomian dibawah. Solusi yang pertama menurut kami adalah dengan membuat anggaran lebih untuk masyarakat kebawah agar masyarakat dengan jenis ekonomi apapun dapat mendapatkan pendidikan. Yaitu dengan mensubsidikan anggaran untuk masyarakat miskin yang berkekurangan agar dapat bersekolah.
Selain itu juga penyediaan tenaga tenaga pendidik baik dari dalam Provinsi Bengkuu mauoun dari luar. Dengan mengadakan perekrutan besar besaran guru untuk SD, SMP dan SMA. Agar dalam setiap lini pendidikan pada Provinsi Bengkulu memiliki sumber daya manusia guru yang terpenuhi dalam rangka penyamarataan pendidikan dalam setiap pemerintahan dibawah provinsi bengkulu..
Dan dapat menyediakan sekolah sekolah pada setiap pemerintahan dibawah gubernur. Agar tidak terjadi ketimpangan wilayah dari daerah daerah. selain itu pemenuhan infrastuktur yang baik untuk setiap kegitannya yang mendukung proses pendidikan. Agar dapat meningkatkan kualitas masyarakat pada Provinsi Bengkulu.
No
Solusi
Desakan
Dampak
Ekonomi
Manfaat
1
Subsidi biaya pendidikan
2
3
1
3
2
Peningkatan jumlah SDM Pendidikan
3
2
3
2
3
Pemenuhan jumlah sekolah dalam setiap daerah dan peningkatan kualitas infrastruktur pendidikan
1
1
2
1


3.    Kesimpulan

Berdasarkan hasil diskusi kami solusi yang terbaik untuk permasalahan pendidikan pada Provinsi Bengkulu adalah :
1.      Dengan mensubsidikan biaya pendidikan untuk masyarakat berkekurangan.
2.      Dengan menyiapkan tenaga pendidik baik dari dalam Provinsi Bengkulu maupun luar Provinsi Bengkulu.
3.      Dengan menyediakan sekolah yang merata pada setiap daerah, dan pemenuhan kualitas infrastruktur yang mendukung proses pendidikan.

Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal UNBK Materi Teks Explanasi