Contoh Makalah : Solusi permasalahan lingkungan di bengkulu


Solusi Permasalahan Lingkungan di Bengkulu

Hasil gambar untuk Provinsi Bengkulu

Muhammad Khanafi 119340030/37                    : Gubernur
Bagus Gelorawan S 119280093/43                      : Dinas Pendidikan
Muhammad Fakhri Ihsan 11930142/14               : Dinas Lingkungan Hidup
                                                                               dan Kehutanan
Richart Arfandi Sirait 119130062/8                    : Dinas Sistem Energi dan
                                                                               SDM
Almiryam Dakhi 119310030/51                                    : Sekretaris Daerah
Agung Pratistia 119310062/52                                      : Dinas Ketahanan Pangan
Muh. Raffi Azzam R 119370119/64                    : Dinas Sosial dan
                                                                                Perekonomian
Muhammad Raihan 119130098/5                        : Dinas Kependudukan dan
                                                                               Catatan Sipil


Daftar Isi



Abstrak

Pemasalahan lingnkungan pada Provinsi Bengkulu adalah projek lama yang belum terselesaikan . permaslahan tersebut mencakup darat, laut dan juga udara. Permasalahan didarat adalah dengan sistem pengolahan sampah, ketersediaan lahan terbuka hijau dan kerusakan hutan. Selain itu juga terdapat kerusakan hutan di daerah pantai mangrove yang matoritas dijadikan tempat objek wisata pantai rekreasi. Jadi banyak dari hutan mangrove yang dibalak untuk itu. Solusi yang baik untuk menangani ini adalah dengan membuat sistem reboisasi yang melibatkan masyarakat di dalamnya sehingga tercipta kesadaran dalam masyarakat untuk melestarikan lingkungan. Selain itu dapat berupa peningkatan sistem hukum untuk para perusak lingkungan yakni dapat berupa hukum pidana atau denda baik perseorangan maupun institusi.

1.    Pendahuluan

Pada Provinsi Bengkulu masalah utama pada bidang lingkungan adalah kerusakan hutan termasuk di dalamnya hutan lindung, TNKS, hutan mangrove dan hutan pantai. Kerusakan pada sektor ini mayoritas disebabkan antara lain pembalakan liar (illegal logging), konversi hutam menjadi berbagai usaha seperti perkebunan, tambak, pemukiman, kawasan industri, wisata dan lain lain.
     Dampak yang terasa ke masyarakat adalah kerusakan hutan di Provinsi Bengkulu telah terasa seperti banjuir di musim hujan dan kekuarangan air di musim kemarau. Selain itu juga pengolahan sampah pada Provinsi Bengkulu masih perlu ditingkatkan. Meskipun sudah ada program adipura tetapi belum bisa untuk meningkatkan kebersihan pada Provinsi Bengkulu.
     Masalah lingkungan ini pernah disampaikan pada acara Diskusi Pusat Studi Lingkungan Hidup dengan lembaga Lingkungan Hidup Daerah pada tanggal 1 April 20017 di Batam. Di dapat bahwa permasalahan lingkungan pada Provinsi Bengkulu terdapat 10, yakni asap oleh kebakaran hutan dan lahan, kerusakan hutan mangrove, kerusakan hutan pantai, kerusakan terumbu karang, kerusakan hutan, penebangan liar, kelangkaan ruang terbuka hijau, kerusakan hutan, banjir, dan persampahan. 10 masalah tersebut masih menjadi kendala pada Provinsi Bengkulu.

2.    Pembahasan

Solusi yang terbaik untuk permasalahan lingkungan pada Provinsi Bengkulu menurut kelompok kami antara lain adalah reboisasi berbasis masyarakat. Artinya kegiatan ini dilakukan bukan hanya pemerintah saja tetapi melibatkan masyarakat dalam pelaksanaannya. Dan dengan itu akan meningkatkan kepedulian di masyarakat soal masalah lingkungan ini.
Selain itu juga dapat menambah lahan terbuka hijau. Dengan reboisasi otomatis lahan hijau bertambah dan itu dapat menjadi area wisata yang bagus karena dapat menyehatkan dan membuat terhibur serta dapat merawat lingkungan untuk masa depan. Reboisasi juga dapat dilakukan di pantai dnegan menanam mangrove dan melibatkan pula masyarakat untuk proses pelaksanaanya. Dengan demikian baik laut ataupun darat dapat terjaga kelestariannya.
Solusi kedua adalah dengan meningkatkan pengawasan hutan dan penegakkan hukum bagi para pelaku perusak lingkungan yang akan berakibat besar jika terus menerus ia lakukan. Penegakkan tersebut dapat berupa penegakan sistem pidana atau denda.
No.
Solusi
Desakan
Dampak
Ekonomi
Manfaat
1
Reboisasi melibatkan masyarakat
1
2
1
1
2
Peningkatan pengawasan dan penegakkan hukum
2
1
2
2


3.    Kesimpulan

Kesimpulan yang menurut kami perlu dilakukan untuk permasalahan lingkungan antara lain :
1.       Melibatkan masyarakat dalam reboisasi sehingga tercipta kesadaran lingkungan pada masyarakat
2.       Membuat peraturan hukum yang baik bagi para pelaku pengerusakan lingkungan dengan pidana ataupun denda.

Daftar Pustaka


Anonimus. 2000. Prosiding Konperensi Nasional II Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan Indonesia.
Santoso, U. 2007. Permasalahan dan  solusi pengelolaan lingkungan hidup di Propinsi Bengkulu. Pertemuan PSL PT se-Sumatera tanggal 20 Februari 2006 di Pekanbaru.

Santoso, U. 2007. Hutan mangrove, permasalahan dan solusinya. Acara Diskusi PSL dan Lembaga Pengelola Lingkungan Hidup Daerah, Batam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal UNBK Materi Teks Explanasi